Faktor-faktor yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Sumur Resapan

Pertanianku — Dalam membangun sumur resapan tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada faktor-faktor yang harus diperhatikan sebelum membangun sumur resapan. Berikut ini beberapa faktor yang dimaksud.

sebelum membangun sumur resapan
foto: pixabay

Faktor Iklim

Iklim adalah salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan sebelum membangun sumur resapan. Faktor iklim yang sangat berpengaruh terhadap pembuatan sumur adalah curah hujan. Semakin besar curah hujan suatu tempat, seharusnya semakin banyak sumur resapan yang dibutuhkan.

Loading...

Besarnya curah hujan dapat digolongkan menjadi tiga kelas, yaitu curah hujan rendah kurang dari 1.500 mm/tahun, curah hujan sedang 1.500—2.500 mm/tahun, dan curah hujan tinggi lebih dari 2.500 mm/tahun.

Kondisi tanah

Tanah yang memiliki muka air dangkal tidak begitu membutuhkan sumur resapan. Pasalnya, sumur resapan akan kurang efektif dan tidak akan berfungsi dengan baik. Terlebih lagi pada daerah rawa dan daerah pasang surut. Sumur resapan tidak akan berfungsi sama sekali. Namun, pada kondisi permukaan air tanah yang dalam, sumur resapan sangat dibutuhkan untuk menyuplai air tanah.

Kondisi tanah

Sifat tanah akan sangat memengaruhi besar kecilnya kemampuan tanah dalam menyerap air hujan. Oleh karena itu, sebelum membuat sumur resapan, sebaiknya mengetahui dengan pasti kondisi tanah. Tanah berpasir dan porous akan lebih mudah menyerap air hujan dalam waktu cepat. Akibatnya, air yang berada di dalam sumur yang dibuat di tanah berpasir akan cepat kering dan merembes ke dalam tanah dibanding sumur yang terbuat dari tanah liat.

Tata guna tanah

Tata guna tanah berpengaruh teradap persentase air yang meresap ke dalam tanah dengan aliran permukaan. Pada lahan yang banyak tertutup beton, air hujan yang mengalir akan lebih besar dibandingkan dengan air yang terserap ke dalam tanah. Dengan begitu, pembangunan sumur resapan di daerah seperti ini diperlukan dalam jumlah banyak.

Baca Juga:  Buah Cantik yang Bisa Ditanam di Dalam Pot

Kondisi sosial ekonomi masyarakat

Pembuatan sumur resapan sebaiknya tidak begitu memberatkan masyarakat. Sumur masih bisa digunakan dengan bahan sederhana yang tidak membutuhkan anggaran terlalu besar. Namun, jika masyarakat mampu untuk dibebankan biaya pembangunan sumur, sumur resapan dapat dibangun dengan konstruksi yang lebih bagus.

Loading...
Loading...