Faktor-faktor yang Harus Diperhatikan Sebelum Menanam Sambung Pucuk Kakao

Pertanianku — Salah satu metode perbanyakan pohon kakao adalah sambung pucuk kakao yang dilakukan dengan teknik penyambungan. Penyambungan ini menggunakan prinsip penyatuan kambium dari batang bawah dan batang atas. Pada saat ini kambium sangat diperlukan untuk membentuk jaringan kambium baru.

sambung pucuk kakao
foto: pixabay

Proses ini akan berlangsung selama 40 hari. Pada 5 hari pertama penyambungan akan terjadi pembelahan sel-sel periklinal. Setelah 15 hari akan terbentuk kalus pada tautan. Setelah 25 hari akan terbentuk berkas pengangkut baru yang menghubungkan batang bawah dan batang atas. Dan, pada hari ke-40 akan terbentuk pertautan yang sempurna.

Keberhasilan metode ini bergantung pada kondisi tanaman dan lingkungan. Ada beberapa faktor yang akan memengaruhi proses penyambungan.

Loading...

Batang bawah

Belum banyak petani yang memerhatikan penggunaan batang bawah. Umumnya, batang bawah yang digunakan adalah berukuran besar dan bernas. Tujuannya adalah agar kuat menopang pertumbuhan sehingga bisa segera disambung. Benih bawah yang biasanya digunakan untuk disambungkan pada umumnya merupakan hasil persarian yang terkendali antarklon yang sudah diketahui potensi genetiknya.

Batang atas

Batang atas merupakan penentu keberhasilan produktivitas dan kualitas. Oleh karena itu, batang atas harus berasal dari klon yang unggul dan dianjurkan.

Umur

Umur tanaman tak hanya memengaruhi besaran diameter, tetapi ketuaan batang juga menentukan keberhasilan proses sambung pucuk. Batang atas dan batang bawah sebaiknya dipilih yang berwarna dan berdiameter hampir sama. Kondisi tersebut akan menciptakan keberhasilan yang tinggi dibandingkan penggunaan batang atas dan batang bawah yang berbeda-beda.

Suhu

Suhu akan memengaruhi aktivitas pertumbuhan tanaman termasuk juga keberhasilan sambung pucuk kakao. Suhu akan memengaruhi kecepatan pembentukan sel-sel parenkim yang menyusun jaringan kalus. Suhu optimal yang dapat menunjang keberhasilan sambung pucuk adalah 27—29°C.

Baca Juga:  Lirik Prospek Pasar Pohon Gaharu

Pengikatan

Pengikatan merupakan kegiatan yang terlihat biasa saja tetapi menjadi salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan proses sambung pucuk ini. Untuk membentuk jaringan kambium baru pada kalus, membutuhkan adanya tekanan mekanis. Tekanan tersebut bisa datang dari pengikatan yang dilakukan dengan benar dan erat. Tingkat keeratan dan jenis tali yang digunakan dapat berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan proses penyambungan.

 

 

 

Loading...
Loading...