Faktor-Faktor yang Memengaruhi Ayam Mengonsumsi Pakan

Pertanianku — Banyak faktor penting yang perlu Anda perhatikan dari pakan ayam, mulai dari kualitas pakan, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, hingga tekstur pakan. Pemberian pakan tidak boleh dilakukan sembarangan karena dapat menyebabkan pakan tidak bekerja efektif.

pakan ayam
foto: pertanianku

Saat memberikan pakan, Anda juga harus memperhatikan faktor yang dapat memengaruhi ayam untuk mengonsumsi pakan. Pasalnya, faktor ini juga dapat memengaruhi kinerja pakan. Simak ulasannya berikut ini.

Ukuran dan bangsa ayam

Bangsa ayam yang berat (tipe berat) akan mengonsumsi pakan jauh lebih banyak dibanding ayam tipe ringan. Hal ini dikarenakan ayam tipe berat membutuhkan lebih banyak energi dan protein untuk hidup dibanding ayam tipe ringan.

Efek temperatur lingkungan

Ayam yang berada di lingkungan bersuhu dingin cenderung akan membutuhkan pakan lebih banyak dibanding ayam yang berada di tempat bersuhu panas. Dengan demikian, untuk memenuhi kebutuhan protein yang sama per harinya di temperatur panas, Anda perlu menyediakan persentase protein yang lebih tinggi.

Energi di dalam pakan

Ayam akan memenuhi energi sesuai dengan yang diperlukan. Bila energi di dalam ransum rendah, ayam cenderung akan makan lebih banyak. Begitu pun bila ransum mengandung energi yang cukup tinggi, ayam akan mengurangi jumlah pakannya.

Tahap produksi

Pada tahap produksi dengan kapasitas yang tinggi diperlukan tingkat konsumsi protein yang lebih tinggi juga. Pasalnya, kandungan protein tinggi tersebut dibutuhkan untuk membentuk telur. Satu butir telur mengandung 12 persen protein. Apabila bobot telur sebesar 56 gram, kandungan proteinnya sebesar 6,7 gram. Sementara itu, untuk telur seberat 62 gram yang dihasilkan oleh ayam berumur 42–75 minggu, kandungan proteinnya mencapai 7,4 gram.

Anda juga harus memperhatikan keseimbangan asam amino yang membentuk protein. Jumlah asam amino ada 22 macam, tetapi tidak semuanya dapat disintesiskan oleh tubuh ayam. Untuk menjaga keseimbangan asam amino, penyusunan ransum dianjurkan terdiri atas berbagai bahan baku.

Baca Juga:  Keunggulan Domba Suffas untuk Hewan Kurban

Asam amino esensial yang dibutuhkan oleh ayam adalah arganin, lisin, histidine, leusin, isoleusin, valin, metionin, treonin, triptofan, dan fenilalanin.