Faktor-faktor yang Memengaruhi Buah Kopi Rontok

Pertanianku — Pohon kopi dapat mengalami peristiwa buah kopi rontok yang bisa disebabkan oleh tiga faktor, yaitu faktor kegagalan proses pembuahan, gangguan hama penyakit, dan fisiologis. Berikut ini ulasannya.

buah kopi rontok
foto: pertanianku

Faktor kegagalan pembuahan

Ada buah kopi rontok dan setelah dilakukan pengamatan secara mikroskopis ditemukan ketidaksempurnaan pada kantung embrio. Ketidaksempurnaan tersebut menyebabkan kelainan dari pembelahan sel yang terjadi secara meiosis atau akibat self-sterilitas yang kerap terjadi pada jenis kopi tertentu. Bakal buah akan menggembung dan tidak bisa bertahan lama hingga pada akhirnya rontok.

Loading...

Namun, pembentukan kantung embrio yang sempurna juga tidak menjadi bisa terjadi pembuahan yang sempurna. Kegagalan proses pembuahan biasanya sering terjadi karena self-sterilitas dan incompatabilitas yang terjadi antara sel telur dan inti sel jantan dari serbuk sari.

Faktor fisiologis tanaman

Faktor fisiologis tanaman dipengaruhi oleh iklim yang sedang terjadi, terutama tingat kelembapan dan kekeringan yang bisa berakibat langsung ataupun tidak langsung terhadap kerontokan buah kopi.

Pada kondisi intensitas hujan sedang tinggi akan menyebabkan pemindahan karbohidrat dari bagian-bagian lain tanaman ke percabangan yang sedang berbuah lebat. Sementara, di tempat yang lain akan mengalami kekurangan karbohidrat dan menyebabkan gugur daun dan gugur buah. Kelembapan tinggi juga menyebabkan terbentuknya lapisan absis (abscission layer) yang dapat merusak sel-sel menjadi berbentuk tepung dan menyebabkan buah dan daun rontok.

Pada masa kering yang panjang juga bisa menyebabkan kerontokan sebagian daun dan buah kopi. Daun kopi yang sudah kehilangan air sebanyak 55—60 persen, berkurangnya pembentukan karbohidrat, dan minimnya laju fotosintesis merupakan gejala awal akan terjadi kerontokan.

Faktor gangguan hama dan penyakit

Hama yang menyebabkan buah kopi rontok adalah hama kutu putih (kutu dompolan) dan hama bubuk buah. Hama tersebut dapat menyebabkan kerontokan buah hingga 7—14 persen, sedangkan hama lain yang menyebab kerontokan seperti hama bubuk cabang hanya disebabkan oleh pemangkasan untuk menghilangkan bagian tanaman yang terkena hama. Pemotongan tersebut juga mengakibatkan buah kopi terpotong dan hilang.

Baca Juga:  Pohon Penaung Kopi yang Bagus

 

Loading...
Loading...