Faktor-faktor yang Memengaruhi Kambing untuk Mengonsumsi Pakan

Pertanianku — Laju pertumbuhan juga dipengaruhi oleh perilaku hewan saat mengonsumsi pakan. Semakin baik, pertumbuhan akan berjalan dengan pesat. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kambing mengonsumsi pakan yang disediakan oleh peternak. Faktor tersebut harus diperhatikan dan dipantau agar saat terjadi sedikit perubahan dapat segera diatasi.

kambing mengonsumi pakan
foto: pertanianku

Kambing sehat akan mengonsumsi pakan dalam jumlah terbatas sesuai dengan kebutuhan pokok. Berikut ini beberapa faktor yang harus Anda perhatikan karena dapat memengaruhi kambing untuk mengonsumsi pakan.

Suhu lingkungan

Loading...

Kambing merupakan ternak ruminansia yang membutuhkan suhu lingkungan sesuai dengan kebutuhannya. Kondisi tersebut berbeda-beda pada setiap jenjang umur, jenis, tingkat kegemukan, bobot badan, keadaan kulit, dan tingkat produksi. Anda harus mengetahui besaran suhu yang disukai oleh kambing ternak sendiri untuk menjaga kualitas konsumsi pakan.

Kenaikan suhu biasanya dapat menyebabkan penurunan konsumsi pakan. Semakin tinggi suhu lingkungan akan menyebabkan kelebihan panas di dalam tubuh ternak. Hal tersebut membuat kebutuhan pakan menurun. Sebaliknya, pada suhu dingin ternak membutuhkan pakan lebih banyak untuk menghasilkan panas di dalam tubuh.

Palatabilitas

Palatabilitas merupakan sifat yang dimiliki oleh pakan. Sifat tersebut sangat berpengaruh karena bisa menaikkan nafsu makan ternak dan merangsang ternak mengonsumsinya. Palatabilitas pakan meliputi penampilan pakan, bau, rasa, tekstur, dan suhu. Kambing menyukai pakan yang manis dan hambar daripada rasa asin atau pahit.

Kondisi ternak

Kondisi ternak sangat memengaruhi konsumsi pakan, kondisi tersebut meliputi umur, jenis kelamin, dan kondisi tubuh seperti bunting atau dalam keadaan sakit.

Konsentrasi nutrisi dalam pakan

Konsentrasi nutrisi yang sangat berpengaruh terhadap jumlah pakan yang dikonsumsi oleh ternak adalah energi. Semakin banyak kandungan energi di dalam pakan, jumlah pakan yang dikonsumsi akan semakin berkurang.

Baca Juga:  Kunci Sukses Usaha Ayam Petelur

Bentuk pakan

Kambing lebih senang mengonsumsi pakan berbentuk butiran atau pelet yang dibuat dari hijauan dibanding hijauan segar. Hal ini disebabkan ukuran partikel pakan tersebut lebih mudah dicerna oleh kambing.

Bobot tubuh

Bobot tubuh berbanding lurus dengan jumlah pakan yang dikonsumsi. Semakin tinggi bobot tubuh, akan semakin tinggi tingkat konsumsi pakan.

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...