Faktor-faktor yang Memengaruhi Panen Telur Ayam Tidak Optimal

Pertanianku — Salah satu syarat untuk mendapatkan panen telur ayam optimal adalah penggunaan DOC yang berbobot seragam. Keseragaman tersebut menjadi tolak ukur variabilitas ayam dalam suatu populasi. Namun, hal itu bukanlah satu-satunya syarat yang harus Anda penuhi. Ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan juga.

panen telur ayam
foto: pertanianku

Keseragaman bobot badan

Seragam yang dimaksud adalah besar ayam-ayam yang digunakan sudah sesuai dengan standar, yakni lebih dari 10 persen dari target berat badan standar manual management guide. Misalnya, jika target berat badan ayam petelur berumur 12 minggu sebesar 1.010 gram, bobot standar sebesar 909 gram atau maksimal 1.111 gram.

Loading...

Pada saat ayam sudah masuk puncak produksi telur, ayam bisa berpotensi terkena stres karena produk telur yang terus meningkat, sedangkan berat badan juga harus bertambah. Padahal, ayam yang gemuk belum tentu mampu menghasilkan telur yang baik. Pasalnya, ayam yang gemuk mengalami penimbunan lemak di daerah perut dan mengakibatkan berkurangnya elastisitas saluran telur karena tertahan lemak.

Hal tersebut akan menyebabkan kontraksi dan saluran telur cenderung susah kembali pada posisi semula sehingga memicu kasus prolapse pada ayam petelur.

Keseragaman kerangka tubuh

Produksi dan kualitas telur yang optimal juga bisa dipengaruhi oleh bentuk kerangka tubuh ayam. Kerangka tubuh yang kecil tidak dapat menyuplai banyak kalsium ke dalam telur sehingga menyebabkan ukuran telur menjadi lebih kecil.

Pada proses pembentukan telur, kalsium yang ada pada kerangka tubuh ayam akan disalurkan ke kerabang telur. Kerangka yang diambil untuk pembuatan telur akan diisi kembali dari kalsium dan fosfor yang didapatkan dari pakan. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pakan yang sesuai untuk kebutuhan ayam petelur, yakni pakan yang mengandung kalsium dan fosfor.

Baca Juga:  Tips Jitu Panen Jangkrik Hidup

Keseragaman kematangan seksual

Kematangan seksual yang terjadi secara bersamaan sangat diperlukan untuk mendapatkan panen telur ayam optimal dan harus dipertahankan hingga masa puncak produksi telur. Saat ayam sudah mulai produksi telur, sebaiknya berikan stimulasi pencahayaan agar produksi telur bisa berlangsung secara serempak.

Kematangan seksual ayam harus diselaraskan dengan kedewasaan tubuh ayam. Oleh karena itu, jangan memaksakan kematangan seksual jika tubuh ayam belum siap.

Loading...
Loading...