Faktor-faktor yang Memengaruhi Pembentukan Buah Kopi

PertaniankuPembentukan buah kopi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor periodisitas, intensitas cahaya, dan temperatur udara. Periodisitas cahaya merupakan periode cahaya yang menimpa tanaman kopi, sedangkan intensitas cahaya merupakan jumlah cahaya yang diterima tanaman kopi.

pembentukan buah kopi
foto: pertanianku

Seluruh faktor tersebut dapat memengaruhi kuantitas serta kualitas dari pembentukan buah kopi. Tak heran jika buah kopi yang dihasilkan dari berbagai daerah akan berbeda-beda.

Sebaiknya sebelum Anda mulai menanam kopi, lakukan riset lebih mendalam bagaimana tempat yang tepat untuk menghasilkan buah kopi dengan kuantitas serta kualitas yang Anda inginkan. Anda bisa mempelajari dari berbagai sumber, salah satunya dari buku Berkebun Kopi yang membahas seluruh bagian dari proses berkebun kopi.

Loading...

Periodisitas cahaya matahari

Tanaman kopi merupakan tanaman pendek yang hanya mampu berbunga dalam periode hari yang pendek, yaitu pada siang hari yang hanya terjadi kurang dari 12 jam. Berdasarkan periode hari pendek, masa pembungaan tanaman kopi di wilayah sebelah selatan dan sebelah utara khatulistiwa tidak berlangsung sama. Perbedaan tersebut akan terlihat saat bunga sudah tumbuh menjadi lebih besar atau saat sudah panen buah kopi, yaitu sekitar satu tahun setelah pembentukan bunga.

Misalnya, panen perkebunan kopi robusta yang berlangsung di daerah selatan khatulistiwa akan terjadi pada Juni—Agustus dengan 94,5 persen dari panen total yang sudah dipungut selama satu periode dari April—September yang merupakan periode hari pendek di wilayah tersebut.

Intensitas cahaya

Kebun-kebun yang gelap akan menghasilkan buah yang lebih sedikit dibanding kebun yang terang. Hal ini disebabkan oleh pembentukan bunga yang terhalang penaung cahaya matahari. Namun, intensitas cahaya yang terlalu besar juga akan menimbulkan gejala ‘kelebatan buah’ dan akan merugikan pertumbuhan tanaman, khususnya buah kopi.

Baca Juga:  Jenis Durian Unggul yang Laris di Pasaran

Temperatur udara

Semakin besar perbedaan antara temperatur udara siang dan malam hari, akan semakin besar rangsangan yang akan dialami oleh tanaman kopi untuk membentuk primordial bunga. Pertumbuhan tanaman kopi arabika yang optimum membutuhkan temperatur sebesar 23°C pada siang hari dan 17°C pada malam hari. Apabila suhu pada siang hari menurun di bawah 17°C dan pada malam hari di bawah 12°C, pembentukan primordial bunga akan berhenti,

Perbedaan temperatur maksimum dan minimum dalam sehari semalam ini yang akan merangsang pembentukan primordial (bakal) bunga, terutama di daerah yang sama sekali tidak memiliki perbedaan perioditas cahaya, yaitu daerah yang terletak di bawah garis khatulistiwa.

Loading...
Loading...