Faktor-faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Tanaman Gaharu

Pertanianku — Pohon gaharu seperti tumbuhan lainnya yang membutuhkan beberapa faktor pendukung agar tumbuh dengan optimal. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi proses pertumbuhan tanaman gaharu, simak ulasan berikut ini.

tanaman gaharu
foto: pertanianku

Intensitas cahaya

Pohon gaharu merupakan pohon semitoleran terhadap intensitas cahaya untuk berfotosintesis. Jika intensitas cahaya yang diterima kurang, laju fotosintesis pada daun gaharu pun menjadi berkurang. Namun, cahaya yang dibutuhkan gaharu tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, Anda harus menyesuaikan intensitas cahaya yang tidak terlalu tinggi, tetapi tidak terlalu rendah.

Loading...

Tanaman yang masih berumur 2—3 tahun membutuhkan naungan sebesar 60—70 persen, atau sebesar 40 persen. Bibit yang masih muda tidak tahan terhadap intensitas cahaya yang tinggi. Pohon yang mulanya ditanam di bawah naungan yang terlalu rapat akan menciptakan pohon yang kurus dan terlalu tinggi. Sementara, bibit yang ditanam di bawah naungan yang tidak terlalu rapat dapat menciptakan pohon yang subur, berbatang lurus, dan bervigor baik.

Zat pengatur tumbuh

Zat pengatur tumbuh dibutuhkan pada saat pembibitan tanaman gaharu agar bibit bisa berkecambah dalam waktu yang singkat. Saat bibit sudah berkecambah, bibit pun dapat melanjutkan pada tahap pembentukan daun sehingga proses fotosintesis akan berjalan. Bibit gaharu membutuhkan penambahan hormon auksin yang berfungsi untuk mengembangkan sel-sel yang berada di daerah belakang meristem.

Suhu

Suhu lingkungan harus dibuat stabil dengan cara merekayasa lingkungan. Rekayasa tersebut dapat dilakukan dengan pembuatan rumah kaca, pemberian mulsa pada bedengan, dan membuat naungan pada bibit. Pemberian naungan sangat penting untuk dilakukan karena bibit gaharu tidak tahan terhadap suhu panas.

Tingkat keasaman tanah

Tingkat keasaman sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman. Tanah yang terlalu asam harus diberikan pengapuran terlebih dahulu pada saat pengolahan lahan. Namun, jika terlalu basa, tanah diberi pupuk nitrogen dengan dosis yang lebih tinggi atau diberikan belerang, agar bakteri yang berada di dalam tanah mengubah belerang menjadi asam sulfat.

Baca Juga:  Manfaat Pohon Jabon yang Jarang Diketahui

Kesuburan tanah

Pohon harus ditanam pada tanah yang subur yang menyediakan beragam jenis unsur hara. Unsur hara tersebut berperan penting dalam pertumbuhan tanaman sehingga harus tersedia di dalam tanah. Unsur hara tersebut adalah mineral, zat organik, air tanah dan larutan tanah, udara dalam tanah, serta organisme tanah.

 

Loading...
Loading...