Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Karet


Pertanianku – Produksi dan produsen adalah dua istilah yang tak bisa dipisahkan. Produksi bisa terwujud karena produsen menyertakan sejumlah output. Untuk tanaman karet, produksi yang dihasilkan merupakan suatu rangkaian kegiatan padat karya, yaitu output yang digunakan adalah output langsung.

Faktor Lain dalam Produksi Karet

  • Investasi

Pengadaan modal sangat penting dalam proses produksi karet. Hal ini disebabkan oleh proses produksinya cukup lama dan harganya sulit ditentukan pada waktu itu untuk ramalan masa datang. Modal ini biasanya dimasukkan dalam investasi. Pengelolaan modal yang baik akan semakin meningkatkan investasi.

  • Perencanaan

Perencanaan tidak lepas dari rangkaian proses produksi karet, baik perkebunan besar maupun rakyat. Namun, perkebunan rakyat umumnya tidak menggunakan perencanaan. Dengan perencanaan bisa dilihat layak tidaknya usaha yang akan dijalankan. Untuk itu, sangat diharapkan perkebunan rakyat juga merencanakan usahanya untuk melihat kelayakannya.

  • Campur tangan pemerintah

Pada bagian ini hanya dibatasi pada usaha penyeimbangan produksi dengan konsumsi. Campur tangan pemerintah sangat diharapkan agar tidak terjadi kelebihan produksi. Kelebihan produksi akan menyebabkan harga karet menjadi rendah. Pemerintah biasanya memantau produksi dari setiap sentra produksi untuk membandingkannya dengan konsumsi. Selain itu, pemerintah membentuk pusatpusat penelitian untuk pengembangan usaha perkaretan, dan pusat pembinaan petani rakyat. Semua bertujuan memantau perkembangan industri perkaretan di Indonesia.

Dalam kegiatan pemasaran karet, baik dalam negeri maupun luar negeri, pemerintah mengeluarkan kebijaksanaan  pengamanan produksi, pemulihan kondisi, serta pemulihan kemantapan usaha.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Karet

 

Baca Juga:  Cara Menanam Bambu yang Baik dan Benar
loading...
loading...