Faktor Lingkungan yang Memengaruhi Pertumbuhan Alga

Pertanianku — Lingkungan sangat berperan penting dalam penyebaran, perkembangan, kelangsungan hidup, dan pertumbuhan alga. Ada beberapa faktor lingkungan yang langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan alga, seperti cahaya matahari, suhu, arus, kedalaman, kecerahan dan kekeruhan, salinitas, serta nitrat dan fosfat.

pertumbuhan alga
foto: pixabay

Cahaya matahari

Cahaya matahari merupakan sumber energi terbesar yang sangat diperlukan oleh alga melakukan proses fotosintesis. Penyerapan sinar matahari terjadi karena ada pigmen fotosintetik dan pigmen asesoris. Pigmen tersebut berguna untuk menerima energi dari cahaya matahari untuk disalurkan ke klorofil. Selanjutnya, cahaya tersebut akan diubah menjadi karbohidrat.

Loading...

Arus

Arus adalah salah satu faktor yang berpengaruh terhadap penyebaran alga secara vertikal dan horizontal. Selain penyebaran, arus juga memengaruhi ketersediaan unsur hara seperti oksigen dan karbondioksida.

Kedalaman

Kedalaman sangat berkaitan erat dengan penetrasi cahaya dan memengaruhi penyebaran alga. Pada daerah interdial dengan kedalaman yang hanya mencapai 1—3 m, penyebaran  pertumbuhan alga bisa dijumpai hampir di beberapa substrat yang lembap. Alga memang lebih mudah ditemukan di daerah dengan kedalaman yang rendah, di antara batuan karang mati atau karang hidup, ataupun di daerah dengan substrat berbatu atau berpasir.

Kecerahan dan kekeruhan

Kecerahan merupakan nilai dari daya rambat cahaya ke dalam perairan yang bisa ditentukan dengan nilai ketersediaan cahaya pada suatu kedalaman tertentu. Nilai kecerahan tersebut sangat berpengaruh terhadap kedalaman ketersediaan cahaya pada suatu perairan. Sementara itu, kekeruhan berkaitan erat dengan banyaknya partikel organik dan anorganik yang tersuspensi di dalam perairan. Partikel tersebut dapat menghambat penetrasi cahaya yang masuk.

Salinitas

Salinitas merupakan faktor utama dalam penyebaran makro alga di perairan. Ada beberapa jenis makro alga yang hidup di laut, tetapi tidak bisa menyebar dengan baik di air tawar. Namun, ada juga makro alga yang bisa toleran terhadap tingkat salinitas yang rendah.

Baca Juga:  Kandungan Nutrisi di Dalam Ikan Cakalang

Nitrat dan fosfat

Nitrat dan fosfat merupakan unsur hara yang dibutuhkan oleh alga untuk mendukung pertumbuhannya. Oleh karena itu, penyebaran alga di daerah yang rendah kandungan nutrien seperti nitrat dan fosfat akan sangat rendah.

 

Loading...
Loading...