Faktor Luar yang Mempengaruhi Kondisi Peternakan Ayam


Pertanianku – Faktor dari luar peternakan yang dapat mempengaruhi kondisi perkembangan peternakan meliputi hal-hal berikut.

Kandang Ideal Ayam

  1. Keadaan perekonomian negara yang tidak mendukung. Dalam situasi moneter atau keuangan negara sedang sulit dapat mempengaruhi keadaan yang semula normal menjadi tidak normal karena peran penguasa masih kuat dalam menata perekonomian negara ini. Oleh karena itu, Anda harus selalu berharap agar iklim perekonomian negara kita tetap dijaga baik oleh penguasa.
  2. Ada perubahan dari sudut pembeli, entah karena pergeseran selera (ini sering tidak disadari) atau karena perubahan penghasilan. Perubahan dari sudut pembeli inilah yang dampaknya bisa langsung mengubah keadaan yang semula normal menjadi tidak normal. Keadaan tidak normal dalam arti baik, misalnya permintaan ayam dan telur menjadi melambung (tetapi sayang ayam bukan mesin sehingga perlu waktu untuk produksi). Sebaliknya keadaan tidak normal dapat berarti tidak baik, misalnya permintaan melorot, orang enggan membeli daging dan telur ayam. Keadaan macam ini mungkin terjadi di masa depan akibat perubahan generasi yang lebih menyukai fried chiken. Dalam banyak kasus, perubahan dari sudut pembeli inilah yang begitu terasa dampaknya pada peternakan kita, baik dalam artian positif maupun negatif.
  3. Ada perubahan jumlah peternak ayam kampung, baik itu bertambah atau berkurang akibat perubahan seperti pada poin b. Bila permintaan bagus maka ramailah orang beternak ayam kampung. Namun, bila sebaliknya maka susutlah mereka yang beternak ayam kampung. Suatu keadaan yang sering terjadi di negara kita, banyak orang yang ikut-ikutan. Bertambah atau berkurangnya peternak tentu akan mempengaruhi situasi yang semula normal berubah menjadi tidak normal.

Dari ketiga poin tersebut, yang kini terasa sekali adalah poin kedua dan ketiga dengan tidak mengabaikan poin pertama. Ketiganya memang saling terkait dan saling mempengaruhi satu dengan yang lain. Bila iklim usaha baik, permintaan baik, dan ramailah orang beternak ayam kampung maka dapat merembet ke bidang usaha pendukung lainnya dan begitusebaliknya. Hal yang perlu disimak untuk kunci kesuksesan Anda adalah kejadian atau perubahan tersebut selalu terjadi dan umumnya bisa diduga terlebih dahulu selama Anda jeli.

Baca Juga:  Penyebab Menurunnya Produksi Telur Puyuh

Apabila ketiga hal tersebut itu terjadi maka dampaknya pada semua peternakan, hanya kadarnya berbeda-beda sesuai tingkat efisiensi masingmasing peternakan. Artinya peternakan ayam kampung yang efisien akan mampu menghadapi setiap adanya perubahan.

 

Sumber: Buku 6 Kunci Sukses Beternak Ayam Kampung