Faktor Penilaian Koi Saat Kontes


Pertanianku   Corak dan warna merupakan pertimbangan penting dalam penilaian koi. Warna koi, bila putih harus menyerupai salju. Semantara jika merah (hi) seperti darah dan garis (kiwa) harus tegas. Kohaku, misalnya, antara patern merah dan putih tidak ada warna antara. Inilah yang disebut kiwa.

Namun, pada bagian depan, masih ditolerir ada warna antara. Di samping dan belakang harus kiwa, corak harus seimbang. Bukan berarti di kiri ada corak di kanan juga harus ada. Namun, bila dilihat secara keseluruhan, pandangan mata menyatakan seimbang atau simetris. Patern merah pada Kohaku harus lebih banyak di punggung. Kalau pun tidak ngeblok, patern berukuran kecil dan tersebar merata. Koi jenis inilah yang dinamakan sakura.

Penilaian Koi di Saat Kontes

Ciri khusus Kohaku yaitu sirip harus bersih atau tidak boleh ada corak atau motogoro. Sebaliknya, jenis Showa boleh ada, dan malahan menambah nilai. Namun, coraknya harus seimbang antara bagian kiri dan kanan. Motogoro Shiro Utsuri bulat yang dilingkari warna putih sangat bagus. Sirip kiri dan sirip kanan harus sama, baik ukuran, warna, dan coraknya. Jika sirip satu berwarna putih salju, satunya jangan transparan atau ada corak lain.

Warna merah, hitam, dan putih pada Showa Sanshoku harus tegas Penilaian kontes biasanya dilakukan oleh beberapa juri Corak hitam Sanke harus bertotoltotol, berada di atas patern hitam. Usahakan sedikit mungkin totol hitamnya yang berada di corak merah. Pada jenis Showa, patern hitam akan bagus bila ngeblok. Jika bisa sampai melebar ke bawah atau samping badan. Kalau patern hitam Showa mendekati Shiro utsuri, nilainya akan tinggi.

Bentuk tubuh juga dinilai. Badan koi harus kekar, membentuk torpedo atau pesawat zepelin. Bila dilihat dari penampangnya, terlihat oval sampai membulat. Pangkal ekor tebal, kepala lebar. Keseluruhan bentuk oval proporsional, disebut body line. Bentuk tubuh koi betina lebih bagus ketimbang jantan. Oleh karenanya, yang banyak menjadi juara adalah jenis betina.

Baca Juga:  Ikan Mas Ubah Air Jadi Alkohol Saat Musim Dingin, Benarkah?

Namun, akan spektakuler lagi jika ada koi jantan, tetapi berbentuk badan seperti betina. Koi semacam ini menjadi primadona di kontes. Jangan salah, koi gemuk bukan berarti buncit. Koi berperut buncit sebaiknya tidak dimoninasi.

 

Sumber: Buku Koi

loading...
loading...