Faktor Penting Penunjang Keberhasilan Panen Padi dengan Alsintan

Pertanianku Alsintan atau alat dan mesin pertanian adalah istilah untuk menyebut seluruh alat-alat atau mesin yang digunakan dalam bidang pertanian. Dahulu, manusia menggunakan alat-alat pertanian yang terbuat dari batu dan kayu. Namun saat ini, kegiatan bercocok tanam lebih sering dilakukan dengan menggunakan alat yang lebih modern dan mesin canggih untuk mempermudah pekerjaan.

alsintan
foto: pixabay

Alsintan juga kerap digunakan untuk panen padi, apalagi untuk padi yang ditanam pada lahan yang luas. Namun, sebelum Anda menggunakan alsintan, sebaiknya perhatikan beberapa faktor berikut terlebih dahulu untuk menunjang proses panen dapat berjalan lancar.

Derajat kekuatan, panjang, dan ketahanan dari jerami

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dari jerami, yakni derajat kekuatan, panjang, dan ketahanan. Tiga hal ini dapat memengaruhi proses pemotongan dan pengiriman dengan alat konveyor. Jerami yang kaku dan keras jika dipanen dengan menggunakan mesin bisa menyebabkan kemacetan dalam pemotongan dan pengaliran ke perontok.

Sementara itu, jerami yang panjang memudahkan perontokan secara manual. Akan tetapi, jika menggunakan mesin, dapat memyebabkan kemacetan dan kebutuhan tenaga menjadi lebih besar.

Varietas padi

Varietas padi yang mudah rontok dapat menimbulkan masalah ketika dipanen dengan mesin. Hal ini karena mesin menghasilkan getaran, sedangkan pisau pemotongnya tumpul. Selain itu, perlakuan lain dari mesin juga dapat menyebabkan gabah mudah rontok dari malainya.

Ukuran, kadar air, dan ketahanan biji-bijian

Ukuran biji dapat menentukan lubang dari concave perontok, sedangkan kadar air dapat memengaruhi rendemen beras utuh. Gabah dengan kadar air yang tinggi dapat menyebabkan persentase gabah pecah karena pukulan di dalam unit perontok semakin tinggi.

Ketahanan biji-bijian yang dipanen dengan mesih dapat memengaruhi mutu dari biji-bjian yang dihasilkan sehingga tidak semua biji dapat dipanen dengan mesin.

Baca Juga:  Langkah Tepat Merawat Tanaman Sirih Gading agar Tumbuh Sehat

Iklim

Musim hujan dan musim kering dapat memengaruhi kadar air jerami dan gabah. Kadar air gabah dapat menentukan waktu panen yang tepat, sedangkan kadar air jerami memengaruhi proses perontokan dan pemotongan oleh pisau.

Keadaan di sawah

Penggunaan alsintan juga harus memerhatikan kondisi di sawah, terutama alsintan yang digunakan adalah mesin panen. Anda harus memerhatikan kandungan air di tanah. Tanah yang kering dapat membuat kinerja mesin panen lebih efisien. Sementara itu, tanah yang berlumpur dapat menghambat proses panen sehingga kinerja mesin panen menjadi menurun.