Faktor Penyebab Tanaman Terserang Hama


Pertanianku — Hama seakan telah menjadi momok menakutkan bagi para petani. Hal tersebut tentunya bisa terjadi bukannya tanpa alasan. Lantas, apa sebenarnya faktor penyebab tanaman terserang hama? Bagaimana agar hal itu bisa dihindari atau diminimalisir?

faktor penyebab tanaman terserang hama
Foto: Google Image

Hama seringkali menyerang tanaman para petani, sehingga membuat tanaman kualitasnya menurun sangat jauh dan membuatnya daya jualnya menjadi rendah. Bahkan, tidak sedikit juga hama yang membuat panen menjadi gagal total.

Tak ubahnya sebuah kalimat bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu, daripada terlalu sibuk fokus mengatasi hama, mungkin ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu faktor terjadinya serangan hama pada tanaman Anda

  1. Terjadinya anomali musim

Anomali musim maksudnya ketika musim kemarau panjang, mendadak selama dua hingga tiga hari terjadi hujan. Tentu ini akan menjadi anomali apabila melihat musim kemarau yang seharusnya tidak terjadi hujan.

Turunnya hujan pada saat kondisi sedang kering dan panas tentunya membuat udara menjadi lembap. Kondisi yang lembap secara mendadak ini disukai oleh para hama. Dengan begitu, perkembangan hama atau penyakit menjadi semakin banyak dan mudah dalam menyerang tanaman yang sedang ditanam.

  1. Penggunaan pestisida yang salah

Para petani tentunya berpikir bahwa salah satu cara untuk mengatasi hama yang menyerang tanaman adalah penggunaan pestisida. Namun, ternyata penggunaan pestisida malah bisa mengundang hama untuk menyerang tanaman. Hal tersebut tidak lepas karena penggunaan pestisida yang salah. Maksudnya, beberapa jenis hama ternyata hanya mempan dibasmi dengan insektisida.

Penggunaan pestisida malah biasanya tidak membunuh hama tersebut, bahkan membuatnya menjadi semakin banyak. Hal ini membuat para petani agar lebih teliti lagi dalam penggunaan pestisida.

  1. Media tanam yang kurang tepat
Baca Juga:  Manfaat Drainase Bagi Tanaman dan Lingkungan

Media tanam yang salah pilih atau kurang tepat nyatanya bisa berakibat fatal. Salah satu akibatnya, yaitu muncul hama yang tidak diundang. Hama yang muncul ini disebabkan tanaman yang tumbuh tidak pada tempat yang seharusnya. Dengan begitu, membuat hama mudah untuk datang dan menyerang tanaman tersebut.