Faktor yang Dapat Memengaruhi Kualitas Cacing Sutera Saat Pengiriman

Pertanianku — Cacing sutera yang akan melewati proses pengiriman sangat rentan mengalami penurunan kualitas selama di perjalanan apabila tidak diperlakukan dengan benar. Oleh karena itu, Anda tidak boleh memperlakukan cacing secara sembarangan. Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kualitas cacing sutera selama proses distribusi berlangsung.

kualitas cacing sutera
foto: Pertanianku

Kualitas cacing sutera

Cacing sutera yang akan didistribusikan harus dalam keadaan sehat dan baik. Cacing yang sudah melemah memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi, terutama jika waktu pengangkutan yang akan dilalui cukup lama. Baik atau tidaknya kualitas cacing sutera tersebut dipengaruhi oleh proses penampungan atau karantina yang dilakukan sebelumnya.

Oksigen

Cacing sutera tetap membutuhkan oksigen, meskipun jumlahnya tidak sebanyak ikan. Kemampuan cacing sutera dalam menggunakan oksigen sangat bergantung pada perubahan kualitas air di sekitarnya, yakni berupa suhu, pH, CO2, dan amoniak. Jika kondisi lingkungan selama pengangkutan buruk, cacing membutuhkan lebih banyak oksigen untuk bertahan hidup.

Suhu

Suhu merupakan faktor penting dalam proses distribusi cacing sutera. Suhu ideal untuk pengangkutan cacing sutera adalah 15—20°C. Apabila suhu berada di atas kisaran tersebut, cacing lebih mudah stres dan berujung pada kematian.

pH, CO2, dan amoniak

Nilai pH air dipengaruhi oleh kandungan CO2 dan amoniak, kandungan tersebut berasal dari hasil respirasi cacing sutera. Nilai pH air yang paling ideal untuk cacing sutera ialah 7—8. Perubahan pH dapat menyebabkan cacing menjadi stres. Perubahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan larutan buffer seperti perasan kunyit untuk menstabilkan pH air selama proses transportasi.

Anda juga perlu memerhatikan kondisi kadar amoniak di dalam kolam. Hal ini karena semakin tinggi kandungan amoniak dapat mengakibatkan kematian pada cacing sutera.

Baca Juga:  Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Inseminasi Buatan

Tingkat kepadatan

Anda perlu memerhatikan perbandingan antara volume air dan jumlah cacing sutera yang akan didistribusikan. Perbandingan yang paling ideal antara volume air di dalam wadah dan volume cacing sutera adalah 1:3. Jumlah cacing sutera yang terlalu banyak di dalam wadah dapat menyebabkan ketidakseimbangan sehingga cacing akan berebutan oksigen dan mengakibatkan cacing cepat mati.