Faktor yang Memengaruhi Banyaknya Pakan Ransum yang Dikonsumsi Ayam

Pertanianku — Pakan menjadi faktor penting selama proses pemeliharaan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jenis pakan ransum yang tepat dan bisa memberikan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam. Selain itu, jumlah pakan ransum yang diberikan sebaiknya sesuai, jangan kebanyakan apalagi kekurangan.

pakan ransum
foto: pixabay

Jumlah pakan ransum ayam yang diberikan berlebih akan menyebabkan pemborosan biaya peternakan. Jumlah pakan ransum ayam yang kurang pun akan menyebabkan masalah lain pada ayam ternak, seperti pertumbuhan yang terhambat, produktivitas rendah, dan ayam ternak mudah terserang penyakit. Ada beberapa faktor yang memengaruhi jumlah pakan ransum yang dikonsumsi oleh ayam.

Umur ayam

Loading...

Jumlah pakan yang dikonsumsi oleh ayam akan berbeda-beda di setiap jenjang umur. Konsumsi pakan anak ayam, ayam remaja, dan ayam dewasa akan berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan bobot tubuh serta aktivitasnya. Semakin besar bobot ayam, beban yang ditanggung lebih besar dan juga ayam dewasa harus menanggung beban produksi. Hal tersebut akan menyebabkan jumlah pakan yang dibutuhkan akan lebih besar.

Sebenarnya, tidak ada kaitan antara umur ayam dan pakan ransum yang dibutuhkan. Akan tetapi, kaitannya dengan perubahan pada tubuh dan aktivitas ayam tersebut. Anak ayam memakan pakan lebih sedikit karena aktivitas, bobot tubuh dan kemampuan tampungnya lebih kecil dibanding ayam yang lebih besar.

Kegiatan ayam

Jumlah pakan ayam juga bergantung pada kondisi kesehatan ayam. Ayam yang sakit biasanya mengalami penurunan nafsu makan sehingga jumlah pakan yang dikonsumsi akan lebih sedikit dibanding ayam yang sehat. Namun, faktor ini hanya bersifat insidentil yang berlangsung temporer selama ayam sedang sakit.

Kegiatan fisiologis ayam

Ayam memakan pakan untuk memenuhi kebutuhan energinya. Energi tersebut dibutuhkan untuk menjalankan semua aktivitas yang ayam lakukan setiap harinya. Ayam akan berhenti makan saat energi yang didapat sudah dirasa cukup. Ini artinya, besaran energi yang dibutuhkan oleh ayam setiap harinya akan memengaruhi besaran jumlah pakan ransum yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Usaha Peternakan Kambing yang Cocok untuk Pemula

Oleh karena itu, selain jumlah pakan ransum ayam yang diperhatikan, Anda perlu mempertimbangkan kandungan energi agar tidak mengganggu kebutuhan nutrisi lain.

 

 

 

Loading...
Loading...