Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Cangkok Tanaman


Pertanianku — Ada beberapa faktor yang memengaruhi keberhasilan cangkok tanaman. Faktor-faktor tersebut sangat penting untuk Anda ketahui supaya bisa mendapatkan haslyang sesuai dengan keinginan Anda.

cangkok tanaman
Pertanianku

Berikut ini beberapa faktor penunjang keberhasilan dalam mencangkok tanaman yang perlu Anda ketahui.

Faktor lingkungan

Faktor lingkungan memiliki peran yang besar dalam proses pencangkokan. Dimana pencangkokan yang baik dilakukan ketika cuaca cerah, tidak hujan, dan tidak terlalu panas.

Suhu dan kelembapan juga berpengaruh dalam hal ini. Suhu yang baik untuk melakukan proses penempelan berkisar 8—32 derajat Celcius. Sementara, suhu optimum dalam penyambungan adalah 25—30 derajat Celcius.

Faktor tanaman

Faktor tanaman yang dicangkok juga memengaruhi berhasil atau tidaknya suatu pencakokan. Selain itu, keadaan fisiologi tanaman juga bisa menjadi faktor penentu.

Dimana pada beberapa tanaman akan sulit berkembang sebagaimana mestinya. Juga, faktor pengelupasan yang tidak benar akan memberikan dampak pada tanaman tersebut.

Faktor manusia

Faktor manusia juga salah satu faktor penting dalam berhasil atau tidaknya pencangkokan. Dimana keahlian, kecepatan, dan ketepatan dalam step by step-nya dilakukan secara benar atau hanya asal-asalan.

Selain itu, alat-alat yang digunakan oleh pencangkok juga memiliki peran penting. Sebab, jika alat-alat yang digunakan tidak berfungsi dengan baik, akan menyebabkan kegagalan dalam pencangkokan.

Baca Juga:  3 Kecamatan di Bantul Masih Hadapi Masalah Kekeringan
loading...
loading...