Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Ternak Ayam Petelur

Pertanianku — Ada banyak faktor yang memengaruhi keberhasilan ternak ayam petelur. Tentu saja, seluruh faktor tersebut dimulai dari persiapan yang matang dari peternak itu sendiri dan tetap bersemangat untuk belajar serta berkembang. Memahami dengan baik manajemen pemeliharaan dan memahami karakter ayam petelur yang dipeliharanya.

ternak ayam petelur
foto: pixabay

Berikut ini beberapa faktor pendukung lainnya yang memengaruhi keberhasilan ternak ayam petelur yang harus Anda perhatikan.

Manajemen dasar

Loading...

Keberhasilan usaha peternakan sangat bergantung pada pola manajemen yang digunakan. Manajemen dasar menjadi langkah awal yang dapat menunjang keberhasila. Manajemen dasar terdiri atas biosekuriti, manajemen brooding, dan manajemen pemeliharaan yang sesuai dengan kebutuhan ayam.

Sifat ayam petelur

Untuk memberikan pakan serta perlakuan yang tepat, Anda perlu mengetahui dengan baik dari sifat ayam petelur. Pada dasarmya, ayam petelur sangat menyukai suasana yang tenang, pencahayaan yang cukup, dan perlakuan dari petugas yang dilakukan secara hati-hati. Dengan mengetahui sifat tersebut, ayam yang Anda ternak akan terasa aman dan nyaman sehingga hasil produksi yang didapatkan akan maksimal.

Ayam ras petelur juga sangat sensitif dengan perubahan manajemen yang Anda terapkan, baik itu pakan, tenaga kerja, maupun lingkungan sekitar. Hal tersebut bisa diatasi jika Anda mengetahui sifat ayam.

Kondisi cuaca

Kondisi perubahan cuaca atau perlakukan cuaca yang tidak disukai oleh ayam petelur dapat memengaruhi hasil produksi telur hingga 10 persen. Anda harus mengantisipasi kejadian tersebut agar penurunan produksi bisa diminimalisir.

Teknologi

Penggunaan teknologi selama masa pemeliharaan sangat berguna untuk memudahkan Anda. Teknologi yang bisa digunakan misalnya adalah teknologi yang bisa menjaga standar pakan dengan kualitas yang baik.

Kualitas telur

Hasil panen ayam petelur adalah telur ayam. Pasar biasanya memiliki beberapa syarat kualifikasi tentang telur yang diminati oleh konsumen, seperti warna, ukuran, kualitas, dan bahkan bentuk kemasan pembungkus telur. Sebaiknya kenali permintaan kosumen agar telur cepat diserap.

Baca Juga:  Mengenali Bagian-bagian Daging Sapi

Kerja sama antarpeternak

Kerja sama pada peternak kecil, menengah, dan besar akan sangat membangun Anda untuk menjamin kelangsungan produksi dan pemasaran.

Antisipasi fluktuasi harga

Salah satu kendala yang sering dialami peternak telur adalah harga yang masih fluktuatif. Anda harus menggunakan perencanaan dan evaluasi jangka panjang guna meminimalisir fluktuasi harga yang terlalu rendah.

Untuk mengetahui lebih lanjut faktor kesuksesan ternak ayam petelur, Anda bisa membaca buku Beternak Ayam Kampung Petelur terbitan Penebar Swadaya. Melalui buku ini Anda mendapatkan informasi mengenai kiat-kiat beternak ayam kampung petelur, aspek budidaya ayam kampung petelur, aspek bisnis dan pengembangan ayam kampung petelur, serta panduan beternak di lahan sempit.

 

Loading...
Loading...