Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Usaha Ternak Sapi

PertaniankuUsaha ternak sapi masih menjadi bidang usaha yang menjanjikan karena permintaannya masih tinggi dan cukup mudah untuk mendapatkan bakalan sapi di Indonesia. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan usaha ternak sapi, simak ulasan berikut ini.

usaha ternak sapi
foto: pertanianku

Pemberian obat cacing

Cacing merupakan parasit yang harus diwaspadai karena dapat menurunkan kualitas kesehatan ternak. Selain itu, sapi yang sudah terinfeksi cacing tidak bisa dijual karena dapat membahayakan yang mengonsumsi. Oleh karena itu, sapi yang digemukkan harus terbebas dari cacing yang bersarang di hati ataupun di dalam usus.

Loading...

Setelah 2—3 hari sapi dimasukkan ke kandang, sapi diberikan obat cacing. Obat yang diberikan bisa berasal dari merek dagang apa saja yang terpenting bisa membasmi cacing seperti worm-X dan Rintal. Obat cacing tersebut sudah bisa didapatkan dengan mudah di pasaran.

Sapi yang digemukkan selama 6 bulan cukup diberikan obat cacing sekali saja. Namun, jika penggemukan dilakukan lebih dari enam bulan, obat cacing harus diberikan rutin 4 bulan sekali.

Pembersihan kandang sapi

Kebersihan kandang sapi menjadi kunci kondisi kesehatan sapi. Kandang dapat kotor karena kotoran sapi, pakan, minum, serta aktivitas yang terjadi di dalam kandang. Kandang yang bersih akan meminimalisir serangan penyakit pada sapi. Kandang yang kotor dapat menjadi tempat berkembang biaknya berbagai jenis penyakit, virus, dan parasit. Sapi juga harus dimandikan tiap pagi. Sebab, biasanya pada pagi hari didapati kotoran sapi yang menempel pada tubuhnya.

Penyediaan air minum

Sebaiknya sediakan air minum di tempat yang bersih. Air minum harus selalu dikontrol, apalagi jika peternakan berada di daerah dengan suhu yang tinggi. Air minum harus selalu diganti paling tidak dua kali sehari.

Baca Juga:  Mentan Tinjau Proses Inseminasi Buatan Sapi Lokal dan Internasional di BET

Bergabung dengan koperasi

Keberhasilan usaha ternak sapi bukan hanya sampai pada Anda mampu menghasilkan sapi yang sehat dengan bobot yang besar. Keberhasilan usaha juga ditentukan dari proses pemasaran yang berjalan dengan sukses. Bergabung dengan koperasi menjadi pilihan tepat. Pemasaran sapi bisa dilakukan dengan mudah bersama koperasi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pinjaman modal dengan mudah dari koperasi.

Loading...
Loading...