Falcarinol, Senyawa Antikanker Pada Wortel


Pertanianku – Tahukah Anda bahwa wortel merupakan salah satu sayuran yang memiliki senyawa antikanker? Senyawa antikanker yang terkandung dalam sayuran ini akan meningkat 25% jika wortel tersebut dimasak secara utuh ketimbang dipotong-potong terlebih dulu. Hal ini ditemukan berdasarkan hasil riset dari University Newcastle, Inggris.

Falcarinol, Senyawa Antikanker Pada Wortel

“Memotong-motong wortel akan membuka bagian permukaan sehingga banyak nutrisi yang hilang di dalam air ketika wortel dimasak,” ungkap ketua tim peneliti Kirsten Brandt. Menurut Brandt, rasa wortel juga menjadi lebih lezat karena lebih banyak kandungan gula yang tertahan.

“Dengan memasaknya secara utuh dan baru memotongnya kemudian, Anda mempertahankan rasa dan nutrisinya,” ujar Brandt. Hasil tes terhadap 100 orang yang ditutup matanya adalah sebanyak 80% memilih rasa dari wortel yang dimasak utuh lebih enak.

Sekitar empat tahun lalu, Brandt bersama dengan rekan-rekannya dari University Denmark, menemukan khasiat unsur falcarinol yang terkandung di dalam wortel. Unsur tersebut bermanfaat sebagai senyawa yang dapat melawan kanker.

Baca Juga:  Ini Dia Rahasia Petani Bawang Merah Tetap Produktif di Musim Hujan