Fase-fase pada Kematangan Buah Tomat

Pertanianku — Buah tomat yang sudah matang dapat dipanen dan dikonsumsi, baik diolah maupun dimakan langsung. Kematangan buah tomat ini terjadi setelah melalui beberapa fase. Fase-fase pada kematangan buah tomat dapat terjadi dalam beberapa tahap.

Kematangan buah tomat
Foto: freepik

Fase kematangan tomat juga digunakan untuk menentukan waktu panen yang tepat. Dalam budidaya tomat, kematangan tomat akan memengaruhi penyimpanan dan pengangkutan tomat kedepannya.

Di perkebunan tomat dan budidaya tomat skala besar, fase kematangan buah digunakan untuk menentukan masa panen. Hal ini diperlukan karena perhitungan dengan cara lain belum tentu bisa dilakukan.

Loading...

Fase hijau masak

Pada fase ini, tomat akan memasuki fase perubahan warna. Tomat mentah yang berwarna hijau, kemudian akan berubah berwarna kuning gading di bagian ujung buah. Tomat ini sebenarnya belum matang, tapi Anda tetap bisa memanen tomat pada fase hijau masak ini.

Pemanenan pada waktu ini bertujuan untuk pemasaran jarak jauh. Jarak yang jauh tentunya akan membutuhkan waktu pengangkutan yang lama pula. Jadi, waktu perjalanan akan menyebabkan tomat masak dengan sendirinya.

Fase masak pecah warna

Memasuki fase kedua, tomat akan berwarna kemerahan. Warna kemerahan ini dapat diamati berada di bagian ujung buah. Akan tetapi, pangkal buah tomat masih berwarna hijau. Anda juga bisa melakukan pemanenan pada fase ini.

Pemanenan pada fase ini dilakukan bila distribusi yang dilakukan tidak terlalu jauh. Waktu yang diperlukan buah tomat sampai di lokasi pemasaran tidak terlalu lama.

Fase matang sempurna

Fase terakhir kematangan tomat dapat terjadi ketika tomat sudah matang sempurna. Tomat akan berwarna merah atau merah jambu pada seluruh permukaan buah. Akan tetapi, buah tomat pada fase ini belum memiliki tekstur buah yang lunak.

Baca Juga:  Perdana, Ekspor Mangga Harum Manis Jatim ke Singapura

Sebaiknya, Anda baru memanen tomat pada fase ini ketika jarak yang ditempuh saat distribusi tidak begitu jauh. Selain itu, jika Anda melakukan budidaya untuk konsumsi pribadi dan keluarga, sebaiknya Anda melakukan pemanenan dalam fase matang sempurna seperti ini.

Budidaya tomat bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Anda bisa melakukannya dengan cara yang sederhana. Cukup siapkan media tanam dan bibit, Anda sudah bisa bertanam tomat. Tak lupa untuk membekali diri Anda pengetahuan atau ilmu bertanam tomat dengan buku Bertanam Tomat di Pot  yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya.

Loading...
Loading...