Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Buah

Pertanianku – Buah di negara-negara tropis sangat beraneka seperti durian, rambutan, salak, pisang, pepaya, sirsak dan lain-lain. Seperti halnya di Indonesia, aneka jenis buah bisa dijumpai dengan mudah. Produksi buah-buahan di Indonesia dari tahun ke tahun telah mengalami peningkatan, ditambah lagi dengan buah-buah impor yang semakin membanjiri pasar buah Indonesia.

Fase Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Buah

Pertumbuhan dan perkembangan tanaman buah dapat dibedakan dua fase, yaitu fase vegetatif dan fase generatif. Walaupun kedua fase itu berbeda, keduanya berjalan bersama (overlapping). Artinya, tanaman yang sedang berada dalam fase vegetatif sebenarnya juga melakukan kegiatan reproduktif, meskipun sedikit. Demikian juga sebaliknya.

Loading...

Suatu tanaman disebut sedang mengalami fase vegetatif atau reproduktif, tergantung dari dominasi salah satu fase. Kalau fase vegetatif lebih dominan dari fase reproduktif, berarti tanaman berada dalam fase vegetatif. Begitu pula sebaliknya.

Fase vegetatif merupakan fase pertumbuhan yang sebagian besar menggunakan karbohidrat yang dibentuk dari proses fotosintesis. Pada fase ini akan terjadi perkembangan akar, batang, cabang, dan daun.

Fase reproduktif merupakan fase pertumbuhan yang menimbun sebagian besar karbohidrat yang dibentuk dari proses fotosintesis. Karbohidrat itu digunakan untuk pembentukan bunga, buah, dan biji, atau pembesaran/pendewasaan struktur penyimpanan cadangan makanan seperti umbi.

Baca Juga:  Cara Merangsang Tanaman Buah Berproduksi dengan Penyiraman Air
Loading...
Loading...