Fasilitas Ini Penting untuk Pembesaran Sidat

Pertanianku Pembesaran sidat memerlukan beberapa faktor. Selain kualitas benih, kualitas air, dan lokasi yang tepat, berbagai fasilitas penunjang juga diperlukan. Berbagai fasilitas tersebut akan memudahkan pembesaran sidat dan menjadikan pertumbuhannya lebih optimal.

Pembesaran sidat
Foto: dok. Pertanianku

Bak pemeliharaan elver

Pemeliharaan pada tahap ini biasanya dilakukan secara indoor atau di dalam ruangan. Cahaya dalam ruangan tersebut pun diatur agar tetap redup. Hal ini karena sidat tergolong sebagai hewan yang aktif di malam hari.

Bahan bak pemeliharaan elver ini terbuat dari fiber atau beton. Agar lebih maksimal, pengairan dalam bak menggunakan sistem sirkulasi atau mengalir dan dilengkapi  aerasi.

Kolam pendederan

Seperti namanya, kolam pendederan digunakan untuk mendeder ikan. Sebaiknya, kolam ini tidak terlalu luas namun jumlahnya banyak. Ukuran kecil membuat kolam mudah dikontrol. Selain itu, kolam ini bisa terdapat di dalam ruangan ataupun dibangun di luar ruangan.

Kolam pembesaran

Sampai benih sidat siap untuk dikonsumsi, kolam inilah yang akan menampung ikan-ikan tersebut. Kolam ini terletak di luar ruangan, agar angin dan cahaya matahari bisa mengenai permukaan kolam.

Kolam pengendapan

Kolam pengendapan air terletak sebelum pintu masuk air. Kolam ini berfungsi untuk mengendapkan air sehingga yang masuk dalam kolam bebas pasir dan lumpur. Struktur kolam berupa sekat dari beton yang terlihat berkelok.

Kolam pengendapan dibangun apabila sumber air pada budidaya sidat menggunakan air sungai atau air rawa yang banyak mengandung lumpur dan pasir.

Kolam penampungan cacing

Kolam penampungan cacing dibutuhkan jika cacing yang digunakan sebagai pakan berjumlah banyak. Kolam ini bisa terbuat dari beton dengan ukuran 2 meter × 1 meter × 0,5 meter. Kolam tersebut dilengkapi dengan sistem aerasi dan aliran air yang kecil. Tujuannya adalah agar cacing yang ditampung bisa bertahan hingga 3—5 hari.

Baca Juga:  Ciri-ciri Induk Gurami yang Sudah Matang Gonad

Sarana pendukung

Sarana pendukung budidaya sidat antara lain water treatment yang berfungsi menyaring kotoran dan menetralisir bakteri penyebab penyakit. Blower/vortex digunakan untuk menyuplai oksigen. Perlu juga kincir angin, sistem resirkulasi air, dan alat penyortir benih agar ukuran elver dalam satu bak bisa seragam.


loading...