Fasilitas Pembesaran Ikan Nila


Pertanianku – Fasilitas utama untuk pembesaran ikan nila adalah wadah untuk pembesaran. Pemilihan jenis wadah yang akan digunakan disesuaikan dengan ketersediaan lahan, air, dan dana. Namun, selain wadah, dibutuhkan pula fasilitas pendukung yang fungsinya tentu saja untuk mendukung kelancaran kegiatan. Beberapa hal yang termasuk ke dalam fasilitas pendukung antara lain rumah karyawan atau rumah jaga, kantor, dan gudang.

Keunggulan Bisnis Perikanan

Untuk memulai usaha pembesaran ikan nila, sangat penting untuk mengetahui beberapa tingkatan teknologi yang ada dalam kegiatan pembesaran ikan nila. Teknologi ini tentu saja tidak bersifat statis atau tetap, tetapi terus berkembang sesuai dengan berjalannya waktu. Teknologi pembesaran ikan nila sangatlah luas, mulai dari yang sederhana hingga yang sangat kompleks. Teknologi sederhana ditandai oleh sedikitnya campur tangan manusia dalam mengendalikan kualitas air, pakan yang diberikan, serta hasil yang diperoleh. Namun, bila sudah ada campur tangan manusia terhadap usaha pembesaran nila, seperti pada kualitas air dan kualitas pakan, biaya dan kapasitas produksi dapat ditingkatkan sampai maksimal.

Penjelasan tentang metode pembesaran ikan nila mulai dari yang sederhana hingga dengan intensitas tinggi dapat dibagi menjadi beberapa tingkatan. Setiap tingkatan ditandai dengan adanya perbedaan dalam parameter pengelolaan. Dengan perbedaan tingkat tersebut, diharapkan bahwa dalam penerapannya disesuaikan dengan infrastruktur, keterampilan dalam mengelola, ketersediaan modal, ketersediaan pakan, harga pasar, serta target pasar. Beberapa nilai dalam padat tebar dan produktivitas per satuan luas sudah mengalami perubahan dan disesuaikan dengan kondisi fakta yang ada di lapangan.

Semua nilai tersebut tidak bersifat mutlak. Kualitas benih, kualitas dan kuantitas air, serta kuantitas pakan adalah beberapa hal yang sangat berpengaruh terhadap nilai-nilai tersebut.

Baca Juga:  3 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Budidaya Lele Dumbo

 

Sumber: Buku Pembesaran Nila 2,5 Bulan