Fasilitas Tambahan yang Memudahkan Usaha Budidaya Jamur

Pertanianku Budidaya jamur memiliki potensi yang cukup baik, mengingat peminatnya pasti ada setiap hari. Hal ini karena jamur dapat diolah menjadi berbagai olahan pangan, mulai dari lauk pauk hingga camilan. Rasanya yang lezat dan kandungan gizinya yang baik bagi tubuh membuat banyak orang menyukai jamur.

budidaya jamur
foto: pertanianku

Usaha budidaya bisa berjalan dengan baik apabila fasilitas utama terpenuhi dengan baik. Tak hanya itu, fasilitas utama juga perlu didukung dengan fasilitas tambahan yang dapat membuat usaha berjalan lebih lancar. Berikut ini beberapa fasilitas pendukung atau tambahan yang sebaiknya Anda miliki ketika memulai usaha budidaya jamur.

Ruangan pendinginan media

Ruang pendinginan berfungsi untuk mendinginkan media setelah dilakukan sterilisasi. Media tersebut harus didinginkan sebelum melakukan proses inokulasi. Media yang panas atau agak panas dapat memengaruhi pertumbuhan bibit.

Produksi jamur skala besar menggunakan ruangan pendingin yang disertai dengan dengan Air Conditioner (AC) untuk mendinginkan ruangan serta media bibit jamur.

Ruangan bibit induk

Ruangan ini digunakan hanya saat pembibitan karena berfungsi sebagai tempat menyimpan bibit induk dan bibit starter. Bibit induk dan bibit starter yang akan digunakan untuk inokulasi disimpan di dalam rak-rak inkubasi yang sudah diatur suhu dan kelembapannya.

Sementara itu, bibit yang tidak digunakan untuk inokulasi akan disimpan di dalam kulkas atau freezer untuk menghambat pertumbuhan miselium.

Ruangan pengiriman bibit jamur

Ruangan pengiriman berfungsi sebagai tempat untuk bibit jamur yang sudah siap dikirim ke tempat budidaya. Jamur disimpan di dalam ruangan ini selama satu atau dua hari. Biasanya, ruangan ini memliki AC untuk menjaga suhu di media bibit jamur dan ruangan.

Sanitasi di dalam ruang pengiriman harus dijaga agar terbebas dari kontaminan. Pasalnya, bila ada kontaminan di dalamnya, akan menyebabkan masalah seperti serangan penyakit pada jamur budidaya. Ruangan pengiriman dilengkapi dengan lampu ultraviolet dan penyemprotan formalin 2 persen atau alkohol 70 persen untuk menjaga sterilisasi ruangan dari mikroorganisme yang merugikan.

Baca Juga:  Cara Membuat Pestisida Alami dari Tanaman Sirsak untuk Mengusir Hama Serangga