FDA Cabut klaim Kedelai Bermanfaat untuk Jantung


Pertanianku — Banyak penelitian dan data yang mengusulkan untuk mengonsumsi kacang kedelai secara rutin. Hal itu karena protein yang terdapat di dalamnya diduga bermanfaat untuk jantung.

bermanfaat untuk jagung
Pixabay

Namun demikian, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA) mengajukan pernyataan mengenai klaim tersebut.

“Untuk pertama kalinya, kami telah mempertimbangkan perlu mengajukan sebuah peraturan untuk mencabut klaim kesehatan tersebut,” ujar Susan Mayne, direktur FDA Center for Food Safety and Applied, dikutip dari CNN, Kamis (9/11).

Ia mengungkapkan, pada 1999 mengusulkan temuan yang tidak konsisten mengenai hubungan antara protein kedelai dan kesehatan jantung.

Sementara itu, Kardiolog dan Direktur UCLA Women’s Cardiovascular Health Center, Karol Watson, mengungkapkan bahwa tidak semua cara untuk mengurangi kolesterol memiliki manfaat. Beberapa di antaranya malah bisa berbahaya untuk tubuh.

Ia juga menyebutkan, tidak ada uji klinis yang menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak kedelai dapat meningkatkan kesehatan jantung. Berdasarkan pernyataan tersebut, bukan berarti mengonsumsi protein kedelai tak sehat.

Pada awal 2017 lalu, FDA sempat menolak petisi yang diajukan oleh Weston A. Price Foundation. Petisi itu berupa klaim kesehatan protein kedelai dengan kemampuannya merendahkan risiko penyakit jantung.

Kini, dalam sebuah pernyataan FDA, Mayne mengatakan, total dari bukti ilmiah antara hubungan keduanya masih dipertanyakan. Walaupun terdapat banyak bukti yang mengusulkan bahwa terdapat hubungan antara protein kedelai dan penurunan risiko penyakit jantung,

Baca Juga:  Mendadak! Walikota Semarang Datangi Pabrik Pengolahan Pangan Ternak
loading...
loading...