Festival Kopi Athena: Kopi Indonesia Semakin Mendunia

Pertanianku Festival Kopi Athena yang diselenggarakan pada 28—30 September kemarin menjadi saksi bagi popularitas kopi Indonesia yang semakin mendunia. Acara ini tepatnya diselenggarakan di Technopolis, Gazi Athena, Yunani.

Festival Kopi Athena
Foto: pixabay

Athens Coffee Festival merupakan ajang berkumpulnya para produsen kopi dari berbagai negara. Kali ini, Indonesia tak ketinggalan dalam unjuk gigi memamerkan dua jenis kopi unggulan, yakni kopi manggarai Flores dan kopi lintong Sumatera.

Kedua jenis kopi tersebut berasal dari dua perusahaan kopi yang berbeda asal Indonesia. Kopi pertama, yakni kopi manggarai Flores diproduksi oleh Kamari. Sementara, kopi lintong Sumatera berasal dari Bella Coffee. Selain produk yang dibawa di pameran tersebut, kedua perusahaan ini sudah banyak menghasilkan berbagai varian kopi unggulan lain asli dari Indonesia.


Loading...

Sepanjang sejarahnya, Festival Kopi Athena ini sudah empat kali diselenggarakan. Tahun 2016 merupakan kali pertama festival pencinta kopi ini diselenggarakan di ibukota negara Yunani ini. Meskipun demikian, Indonesia baru pada 2019 bergabung dengan kegiatan tahunan ini sebagai peserta.

Seiring maraknya bisnis kopi, kini keunggulan kopi tidak hanya ditentukan oleh barista yang meracik dan menyajikan kopi. Kualitas kopi juga ditentukan dari proses yang dilakukan di hulu hingga hilir, termasuk di tangan petani.

Tak hanya karena kualitas benih kopi yang baik, kini petani Indonesia juga sudah banyak menanam kopi hasil rekayasa genetik. Dengan begitu, kopi yang dihasilkan pun unggul dari segi kualitas dan kuantitas.

Ikut sertanya Indonesia dalam festival internasional ini menjadi salah satu media promosi yang baik bagi perkembangan dunia kopi tanah air. Diharapkan, kopi Indonesia tak hanya dikenal di Yunani, tapi juga merambah ke negara-negara Eropa Barat dan seluruh dunia.

Baca Juga:  Ini Kedelai Tahan Pecah Polong

 

Loading...
Loading...