Formula Media Tanam untuk Tanaman Hias Euphorbia

PertaniankuEuphorbia sempat menjadi tanaman hias idola dan banyak hobiis tanaman yang memburunya. Tanaman ini merupakan tanaman gurun yang bisa berbunga sepanjang musim. Bagian batang tanaman yang berduri tidak menjadi masalah bagi para hobiis yang menyukai keindahan tanaman ini. Bentuk bunganya menyerupai angka delapan.

Euphorbia
foto: pixabay

Bagi sebagian orang, angka delapan merupakan simbol dari kekeramatan, kesejahteraan, dan keberuntungan. Selain bentuknya yang unik, warna bunganya juga memukau dengan perpaduan merah, kuning, jingga, hijau, dan oranye. Perpaduan tersebut menambah nilai keindahan dari crown of torn ini. Bentuk pangkalnya tidak hanya bulat, ada yang berbentuk lancip dan oval.

Beberapa tanaman tumbuh dengan ukuran bunga yang kecil, tapi tumbuhnya cukup rimbun. Tanaman yang rajin dipangkas akan tumbuh terlihat kompak. Para hobiis menginginkan euphorbia tumbuh dengan sehat, memiliki batang yang kuat, daunnya berwarna hijau, dan memiliki bunga yang lebat. Para hobiis juga mengincar bentuk tanaman yang proporsional. Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, hobiis harus menggunakan media tanam yang tepat.

Loading...

Media tanam yang digunakan harus sesuai dengan lingkungan tumbuh dan kebutuhan unsur hara. Euphorbia merpakan tanaman yang tidak suka dengan lingkungan basah dan lembap. Oleh karena itu, media tanam yang digunakan harus porous, mampu menyimpan unsur hara, mudah ditembus akar, dan terbebas dari hama serta penyakit.

Media tanam yang bisa digunakan merupakan campuran antara sekam bakar, cocopeat, dan pasir. Sekam bakar merupakan media tanam yang mudah ditembus oleh akar, bersifat kokoh, serta dapat menyimpan unsur hara dari pupuk. Cocopeat merupakan komponen utama dalam media tanam euphorbia yang berperan penting untuk menyimpan air dan unsur hara tanpa menyebabkan media tanam tergenang air.

Baca Juga:  Kenali Kondisi Kompos yang Baik untuk Diberikan ke Tanaman

Sementara pasir, berfungsi untuk meningkatkan porositas media tanam sehingga air siraman tidak menggenang di permukaan media tanam. Pasir juga berfungsi sebagai penyela antara sekam bakar dan cocopeat.

Berikut ini ragam formula media tanam euphorbia yang bisa Anda ikuti.

  1. Campuran cocopeat, sekam bakar, dan pasir dengan perbandingan 4:4:2
  2. Campuran cocopeat, sekam bakar, pasir, dan sekam mentah dengan perbandingan 3:3:2:2
  3. Campuran sekam basah dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1
  4. Campuran pasir, sekam mentah, dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:4:3

 

Loading...
Loading...