Formula Pakan Pedet Saat Lepas Sapih

Pertanianku Pakan pedet yang baru lahir akan mendapatkan asupan nutrisi dari susu induk atau susu yang diberikan oeh peternak. Pedet yang alergi dengan susu akan diberikan susu khusus. Dalam susu terdapat kolostrum yang dibutuhkan oleh pedet. Kolostrum yang dibutuhkan oleh pedet yang baru berumur 1—2 jam atau 1 hari sebanyak 2 liter/hari. Susu diberikan dua kali pada pagi dan sore hari, masing-masing sebanyak 1 liter.

pakan pedet
foto: pertanianku

Di hari ketiga, susu yang diberikan sebanyak 3 liter/hari, yang diberikan pada pagi 1,5 liter dan sore 1,5 liter.

Pedet berumur satu hingga dua minggu diberikan susu sebanyak 4 liter/hari yang diberikan pada pagi dan sore, masing-masing sebanyak 2 liter. Dan, pada umur tiga minggu, pedet diberikan susu sebanyak 6 liter/hari yang diberikan dua kali pada pagi dan sore hari, masing-masing sebanyak 3 liter.

Loading...

Setelah berumur tiga bulan, susu yang diberikan akan semakin berkurang hanya 4 liter. Setelah pedet berumur 3 bulan 2 minggu, susu yang diberikan sebanyak 3 liter dan setelah berumur empat bulan kurang satu minggu, pemberian susu sudah diberhentikan.

Saat pedet berumur tiga minggu, pedet belajar diberikan pakan hijauan dan konsentrat sembari masih mengonsumsi susu. Pemberian rumput berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rumen dalam tubuh pedet. Dengan begitu, pada umur 1—2,5 bulan pedet sudah terbiasa dengan pakan rumput dan konsentrat.

Pergantian pakan harus dijalani secara perlahan-lahan agar pedet bisa beradaptasi dengan cepat oleh pakan baru. Pergantian pakan yang dilakukan secara drastis akan menghilangkan nafsu makan pedet dan pedet menjadi sakit karena tidak makan. Oleh karena itu, sebelum benar-benar dilepas dari susu, pedet harus dilatih untuk memakan rumput dan dedaunan.

Konsentrat yang diberikan untuk pedet berumur tiga minggu hingga tiga bulan sebanyak 400—500 gram/hari dan rumput sebanyak 6 kg/hari selama lima bulan. Pemberian konsentrat pun harus dilakukan secara bertahap, tidak bisa langsung sekaligus banyak. Pada awalnya, konsentrat diberikan sebanyak 10 gram, lalu dinaikkan menjadi 20 gram hingga pada akhirnya pedet mengonsumsi konsentrat sebanyak 500 gram/hari.

Baca Juga:  Memberikan Pakan Belut dengan Cara yang Tepat

 

 

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...