Foto Kuda Laut Ini Seketika Viral, Ada Apa Ya?


Pertanianku – Belum lama ini sebuah foto kuda laut yang diunggah oleh akun Instagram Justin Hofman, viral. Bukan karena fotonya yang istimewa, melainkan seekor kuda laut yang melilit cotton bud pada bagian buntutnya.

Justin Hofman sendiri merupakan seorang aktivis dari Sea Legacy, yakni sebuah organisasi yang bergerak di bidang konservasi laut. Alih-alih melilitkan ekor pada karang atau rumput laut, kuda laut satu ini melilitkan ekornya pada sebatang sampah cotton bud.

Seperti melansir dari detikTravel, foto tersebut di-repost oleh Sea Legacy dari akun Justin Hofman. Foto ini langsung jadi viral di sosmed sejak pertama kali dibagikan 2 hari yang lalu. Sampai saat ini, foto tersebut sudah disukai hingga 40 ribu kali dan dikomentari 1.922 traveler.

Dalam keterangan foto tersebut, Justin Hofman menyebut foto ini benar-benar membuat frustasi dan sedih. Kesempatan langka untuk mengabadikan biota laut yang ada di lautan Sumbawa, berubah jadi rasa iba karena sampah cotton bud yang dibawa kuda laut.

“Kuda laut ini hanyut terombang ambing bersama sampah (cotton bud) yang dibawa arus laut sepanjang Kepulauan Indonesia. Foto ini adalah alegori dari kondisi lautan kita sekarang dan nanti. Masa depan apa yang kita ciptakan? Bagaimana aksimu untuk planet ini?,” tulis Justin pada keterangan fotonya.

Saat dikonfirmasi detikTravel, Justin membenarkan bahwa lokasi foto ini diambil berada di lautan Sumbawa, NTB. “Ya, benar,” jawab Justin lewat pesan pendek saat ditanya apakah foto kuda laut tersebut diambil di Sumbawa.

Justin menjelaskan bahwa lokasi diambilnya gambar ini berada di sekitar Sumbawa Besar. Justin mengambil foto kuda laut ini saat sedang snorkeling bersama kawannya bernama Richard White.

Baca Juga:  LIPI Luncurkan Indeks Kesehatan Terumbu Karang Indonesia

“Saya tidak tahu persis nama kotanya apa, tapi foto ini diambil di dekat Pantai Kencana dan Gemba di Sumbawa. Kuda laut ini saya temukan di permukaan laut,” ungkap Justin.

loading...
loading...