Fungsi Bumbu Rempah pada Masakan

Pertanianku— Kombinasi berbagai campuran bumbu rempah membuat masakan semakin terasa nikmat. Setiap jenis bumbu memiliki fungsinya masing-masing dan Anda harus mengetahui fungsi bumbu rempah tersebut agar tidak salah menggunakan bumbu. Berikut ini beberapa fungsi bumbu rempah pada masakan berdasarkan jenis-jenis bumbu.

fungsi bumbu rempah
foto: pexels

Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang paling sering dijumpai karena sering diolah menjadi produk lain seperti minuman jamu, kue, dan masih banyak lagi. Fungsinya sebagai obat herbal pun sudah tidak diragukan lagi, jahe dipercaya bisa menjaga kesehatan tubuh. Ada dua jenis jahe yang bisa Anda temui, yaitu jahe putih dan jahe merah. Namun, yang lebih sering digunakan sebagai bumbu masakan adalah jahe putih.

Loading...

Dalam masakan, jahe berfungsi menghilangkan bau amis pada olahan ikan. Selain itu, jahe juga berguna untuk menambah rasa, terutama rasa pedas yang menyegarkan.

Kemiri

Bagi Anda yang sering membuat sambal pasti tidak asing dengan rempah kemiri yang memiliki nama candlenut dalam bahasa Inggris. Sama seperti jahe, kemiri juga bisa digunakan sebagai obat herbal. Fungsi kemiri pada masakan adalah untuk mengentalkan bumbu masakan atau kuah masakan.

Selain itu, kemiri berfungsi menguatkan aroma penyedap dan rasa masakan. Fungsinya hampir sama seperti santan, bahkan kemiri berfungsi untuk menjaga agar santan tidak pecah saat dipanaskan. Hal ini karena kemiri memiliki sifat mengikat santan.

Lada

Lada sudah banyak dijual dalam bentuk bubuk yang praktis untuk digunakan. Pada menu masakan berkuah seperti sop, lada berfungsi untuk menambah rasa pedas dan hangat serta penyedap alami. Jika dijadikan bumbu rendam untuk merendam daging ayam atau ikan, lada berguna untuk menghilangkan amis. Lada juga bisa berfungsi untuk menambahkan aroma yang khas sehingga aroma masakan menjadi lebih sedap.

Baca Juga:  Jarak Tanam Pohon Cabai yang Direkomendasikan

Daun salam

Daun salam sering digunakan untuk membuat aneka makanan. Banyak yang beranggapan daun salam tidak bisa memberikan efek apa pun pada masakan. Namun, sebenarnya daun salam berfungsi untuk menguatkan rasa masakan agar menjadi lebih menarik dan segar.

Kunyit

Rempah ini terkenal sebagai pewarna kuning alami. Selain sebagai pewarna alami, kunyit dapat memberikan rasa serta aroma yang sangat khas.

Kayu manis

Rempah yang beraroma sangat khas ini juga sering digunakan untuk membuat kue. Sudah jelas dari aromanya, kayu manis berfungsi untuk menambahkan aroma masakan serta cita rasa semakin lebih sedap.

Daun sereh

Daun sereh yang sekilas mirip bawang daun berfungsi untuk menambahkan aroma serta cita rasa yang segar dan kuat. Penggunaannya sangat mudah, daun sereh hanya perlu digeprek dan dimasak bersamaan dengan bumbu masakan.

 

 

 

 

Loading...
Loading...