Fungsi Daun Bawang di Semangkok Sop

Pertanianku Daun bawang hampir sama seperti seledri yang menjadi sayuran multifungsi sering digunakan dalam berbagai macam jenis masakan. Namun, sayuran ini paling sering dijadikan sayuran tambahan dalam menu masakan sop untuk menambah warna serta aroma. Sebenarnya apa fungsi dari irisian daun bawang yang ditabur di atas sop, adakah nutrisi yang bisa diambil.

daun bawang
foto: pixabay

Ternyata cara penyajian seperti itu bisa menghasilkan allicin yang berada di dalam daun bawang. Allicin yang dimasukkan ke dalam sop bisa berfungsi untuk menurunkan kolesterol, antibakteri, antivirus, antijamur, dan dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Fungsi dari irisan yang terlihat sepele tersebut, justru sangat bermanfaat.

Selain diiris tipis-tipis lalu ditaburkan di atas sayuran, sayur ini bisa dimanfaatkan untuk obat herbal dengan cara diremas-remas hingga lembut. Remasan daun bawang kemudian ditempelkan ke bagian yang bisul, bengkak, dan gigitan yang disebabkan oleh serangga atau lebah. Remasan sayur multifungsi  bisa menyembuhkan bengkak tersebut.

Loading...

Bagian yang sering dimanfaatkan dari jenis sayuran multifungsi ini adalah daunnya. Pada daun bawang mengandung minyak esensial. Unsur utama dari minyak esensial tersebut adalah allicin, dialil sulfide, dan kalsium oksalat.

Selain penyakit-penyakit di atas, daun bawang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jantung, menyembuhkan pilek, demam serta flu, menjaga kesehatan kulit, menyembuhkan diabetes, cacingan, infeksi serta luka, menghambat jamur kulit, dan basil disentri.

Daun bawang sering dijadikan pelengkap masakan karena dapat mengeluarkan aroma yang khas serta membuat masakan menjadi lebih sedap. Tidak hanya menjadi penyedap, tetapi sayur ini juga berkhasiat untuk kesehatan.

Daun bawang sangat baik untuk dikonsumsi karena bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Sayuran ini mengandung polisulfida yang dapat melindungi gejala penyakit jantung yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Sampai saat ini belum ditemukan literatur yang menjelaskan pengaruh negatif dari pemakaian sayuran ini sebagai obat tradisional.

Baca Juga:  Pentingnya Belajar Budidaya Jamur dari Pembudidaya yang Sudah Berhasil

 

 

 

 

Loading...
Loading...