Fungsi Infusoria Sebagai Pakan Ikan


Pertanianku – Infusoria merupakan salah satu makanan alami ikan, dan juga berasal dari kelas protozoa. Di kelas infusoria ini, dikenal subkelas ciliata yang sudah tak asing lagi contohnya paramecium, didinium, colpoda, dan balantidium. 

Foto: pixabay

Pakan ikan alami ini umumnya hidup di air tawar dan di air yang mengandung bahan organik seperti air dari kolam ikan yang berwarna hijau, terutama di tempat-tempat yang sedang mengalami pembusukan berat.

Infusoria juga memakan ganggang renik, ragi, dan bahan organik yang halus.  Ia memiliki ukuran bervariasi antara 25—300 micron. Jadi, cukup kecil untuk dimakan oleh benih ikan.

Meski termasuk protozoa, infusoria bisa dilihat dengan mata secara langsung. Jika dilihat sekilas, tampak seperti bintik putih yang bergerak. Pakan yang biasa dimakan olehnya adalah ganggang renik atau bahkan ragi.

Untuk memanfaatkan infusoria sebagai pakan alami ikan, berikut cara mengulturnya:

  • Siapkan wadah untuk kulturnya. Bisa memakai botol bekas air mineral ukuran 1,5 liter yang dipotong bagian atasnya.
  • Bibit infusoria bisa dicari di selokan ataupun kolam ikan. Mengambilnya, langsung ciduk saja air di bagian pinggir. Bibit tersebut dihindarkan dari sinar matahari langsung. Lebih baik Anda mencarinya pada pagi hari karena lebih efektif.
  • Wadah buat kultur infusoria diisi air ¾ wadah. Selain itu, perlu diisi dengan bahan makanan untuk infusoria. Bahan makanannya bebas, bisa pakai sayuran, tempe, pelet jamuran, daun bayam lebar, dan jenis sayuran lainnya yang berwarna hijau.
    Rebus bahan makanan untuk infusoria sampai jadi bubur (atau sangat matang), dan kemudian dibusukkan.
  • Masukkan bibit infusoria ke wadah kultur. Setelah itu, tutup dengan kain biar sirkulasi udara lancar.
  • Simpan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung.
  • 4 hingga 5 hari kemudian, infusoria bisa dipanen. Bisa dilihat infusoria berkembang biak jadi banyak, dan wadah jadi penuh bintik-bintik putih.
Baca Juga:  Panen Nila 500 Gram per Ekor

Setelah selesai kultur, Anda bisa langsung memberikan infusoria untuk ikan Anda. Cara pemberiannya adalah dengan mengambil infusuria bersama airnya dengan menggunakan baskom/ember, kemudian ditebarkan pada media pemeliharaan ikan di kolam, bak/akuarium sesuai dengan takaran yang Anda inginkan.

loading...
loading...