Fungsi Kapur Pertanian untuk Tanah

PertaniankuKapur pertanian yang diberikan ketika proses pengolahan tanah bertujuan meningkatkan kesuburan tanah. Kandungan nutrisi tanah yang diberikan kapur akan semakin tinggi sehingga tanaman bisa mendapatkan seluruh nutrisi yang dibutuhkan.

kapur pertanian
foto: Pixabay

Kapur berguna untuk mengefisiensikan penggunaan pupuk dengan cara meningkatkan efektivitas pupuk-pupuk organik sehingga pupuk yang diberikan bisa bekerja secara maksimal.

Pada umumnya kapur digunakan untuk menyeimbangkan kembali kadar keasaman tanah (pH) menjadi lebih normal sehingga lahan tidak berbahaya ketika digunakan untuk menanam.

Kondisi tersebut juga berdampak pada meningkatnya aktivitas organisme yang bertugas untuk menguraikan bahan-bahan organik di tanah sehingga struktur tanah kembali normal.

Tanaman yang tumbuh di tanah dengan kadar pH yang tepat cenderung memiliki sistem perakaran yang lebih luas. Dengan begitu, kemampuan sistem akar untuk menyerap nutrisi di dalam tanah menjadi lebih efisien.

Dampak positif dari pemberian kapur juga dapat dirasakan oleh sistem perakaran. Akar akan mengalami pertumbuhan dan pembentukan lebih dini, pengangkutan air dan unsur hara dari dalam tanah berjalan lebih lancar, dan mendorong pembentukan bakteri-bakteri bintil akar pada tanaman legume.

Pemberian kapur ternyata ikut membantu menghindari pencucian hara dan retensi penggunaan air menjadi lebih meningkat.

Fungsi kapur pertanian juga sangat dibutuhkan oleh tanaman kacang-kacangan seperti kedelai, kacang hijau, dan kacang tanah. Kapur pertanian mampu mengubah nitrogen yang ada di udara menjadi unsur hara yang bisa digunakan langsung oleh tanaman.

Kapur yang diaplikasikan dengan tepat dapat membuat nutrisi seperti fosfor dan perubahan sulfur berubah menjadi bentuk yang lebih mudah diserap oleh tanaman. Menurut beberapa penelitian, pH tanam yang netral sekitar 5,8 dan 7,0 dapat membuat ketersediaan berbagai nutrisi dan mineral penting menjadi lebih maksimal.

Baca Juga:  Hias Rumah dengan Menanam Bunga Matahari di Pekarangan

Manfaat kapur pertanian juga digunakan oleh para petambak untuk membuat kolam tambak menjadi lebih subur. Kolam yang subur dibutuhkan oleh petambak untuk menumbuhkan pakan alami bagi ikan budidaya dan menjaga kualitas air kolam agar tetap stabil serta sesuai dengan habitat asli ikan.


loading...