Fungsi Kompos Selain Sebagai Penyubur Tanaman

Pertanianku — Selama ini kompos terkenal sebagai salah satu kebutuhan penting di dalam sektor pertanian karena berperan menyuburkan tanah dan tanaman. Ternyata, fungsi kompos tidak hanya sampai di situ, kompos juga dapat digunakan untuk hal-hal lain. Berikut ini beberapa fungsi kompos selain sebagai penyubur tanaman.

fungsi kompos
foto: Pertanianku

Silviculture/silvikultur

Silvikultur merupakan ilmu dan seni pemeliharaan serta pembinaan hutan. Ilmu ini digunakan untuk manipulasi vegetasi hutan yang bertujuan mengontrol, pembentukan, komposisi, dan pertumbuhan hutan. Pada silvikultur, kompos berperan sebagai rekondisi tanah pada rumput dan menggemburkan tanah serta tanaman.

Kebutuhan kompos untuk silvikultur relatif besar karena volume penggunaannya besar atau luas. Kompos tersebut akan diberikan pada lahan tanah yang kurang subur. Jumlah volume yang besar membuat biaya transportasi untuk kompos juga ikut besar.

Soil production

Kompos digunakan sebagai campuran tanah dan mengurangi penggunaan pupuk anorganik. Kebutuhan kompos untuk soil production terbilang cukup besar. Jumlah yang dibutuhkan sangat bergantung pada kondisi tanah produsen. Semakin rendah tingkat kesuburan tanah, semakin besar kebutuhan pupuk.

Taman kota

Kompos dibutuhkan untuk membenahi tanah tanaman kota, menyuburkan tanaman hias kota, dan pemugaran media tanaman hias. Kebutuhan kompos untuk taman kota relatif besar, terutama untuk taman yang berada di kota-kota besar di Pulau Jawa. Agar dapat menjaga penampilan taman, kompos yang digunakan harus berkualitas dan kontaminannya rendah.

Pembibitan tanaman

Pada pembibitan tanaman, kompos berfungsi sebagai campuran media tanam di pot dan pembenah tanah. Kebutuhan kompos untuk pembibitan tanaman tidak begitu besar. Kompos yang digunakan harus berkualitas dan kontaminannya rendah.

Usaha landscape

Fungsi kompos pada usaha landscape hampir sama seperti untuk taman kota, yakni pembenah tanah, pemugaran tanah, dan penyuburan tanah. Kebutuhan kompos untuk usaha landscape tidak begitu besar. Kompos yang digunakan harus dijamin berkualitas dan tidak mengandung bahaya karena kompos yang berkualitas buruk dapat merusak rangkaian landscape yang sudah dibuat.

Baca Juga:  Kiat-kiat Membuat Daun Anthurium Terlihat Mulus dan Mengilap

Penutup tanah dan reklamasi

Kompos dapat digunakan pada lahan reklamasi bekas tambang dan pembenah permukaan tanah. Kebutuhan kompos untuk sektor ini diprediksi relatif besar.