Fungsi Mulsa di Kebun Jahe

Pertanianku — Mulsa merupakan lapisan plastik yang biasa dibentangkan di atas bedengan perkebunan. Plastik tersebut sering digunakan pada beberapa komoditas pertanian, salah satunya adalah jahe. Namun, apakah memasang mulsa di kebun jahe merupakan suatu hal yang penting atau bisa digantikan dengan yang lain? Simak ulasan lebih jelas terkait fungsi mulsa untuk tanaman jahe.

fungsi mulsa
foto: Unsplash

Mulsa lebih sering digunakan untuk tanaman jahe yang dipelihara secara intensif. Namun, tidak semua budidaya jahe menggunakan mulsa. Hal tersebut bergantung pada pertimbangan pembudidaya yang melakukannya.

Pemberian mulsa memang harus diperhitungkan dengan matang. Plastik ini memang bisa memberikan kemudahan bagi pembudidaya. Namun, harga mulsa dapat membuat biaya produksi menjadi lebih meningkat.

Penggunaan mulsa dapat memudahkan pembudidaya untuk mengontrol gulma yang tumbuh di bedengan. Gulma yang tumbuh di bedengan harus sering disiangi agar tidak menyerap unsur hara di dalam tanah dan menjadi pesaing bagi pohon jahe. Oleh karena itu, di lain sisi penggunaan mulsa ini cukup menguntungkan dan memudahkan.

Selain menutupi dari gulma, penggunaan plastik yang membentang di sepanjang bedengan ini juga bisa membantu pembudidaya mengurangi risiko serangan hama atau penyakit.

Air hujan atau penyiraman yang terus-menerus menimpa bedengan dapat membuat butiran-butiran tanah dan pupuk berkurang karena terbawa oleh air. Penggunaan mulsa dapat mencegah butiran tanah dan pupuk berkurang akibat air.

Jika intensitas cahaya matahari sedang terik, mulsa bisa berfungsi untuk melindungi penguapan air secara berlebihan. Dengan begitu, suhu di dalam tanah dapat lebih stabil.

Namun, jika pembudidaya tidak memiliki modal produksi yang cukup besar untuk membeli mulsa, pembudidaya bisa memanfaatkan jerami. Penggunaan mulsa jerami memiliki kelebihan tersendiri, jerami dapat membuat tunas jahe tumbuh dengan baik.

Baca Juga:  Mikroorganisme Lokal dari Keong Mas

Jerami yang digunakan harus berasal dari hasil panen padi. Di dalam jerami juga mengandung zat lignin yang dapat melindungi tanaman jahe seperti mulsa. Penggunaan mulsa dari jerami juga lebih murah dan mudah untuk dipasang.

Masih ada banyak tips dan trik buat Anda yang ingin mulai berkebun jahe. Anda bisa membacanya langsung di dalam buku Jahe Produksi Hingga 25 Ton. Di dalam buku tersebut membahas berbagai hal yang dapat memudahkan Anda ketika berkebun jahe. Untuk mendapatkan buku tersebut sebagai referensi usaha, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.