Fungsi Pakan Ikan yang Tidak Bisa Diremehkan

    Pertanianku — Pakan merupakan bagian penting yang paling banyak dibutuhkan selama masa pemeliharaan ikan. Pembudidaya tidak boleh mengabaikan pakan ikan. Hal ini karena pakan bisa menentukan hasil panen yang akan didapat. Sayangnya, masih banyak pembudidaya kecil yang masih kurang perhatian terhadap pakan yang diberikan. Padahal, pakan merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan.

    pakan ikan
    foto: pertanianku

    Meskipun ikan bisa mendapatkan pakan alami di dalam kolam, Anda juga harus tetap memberian pakan secara teratur. Tidak hanya dari segi kandungan, pakan yang diberikan juga harus memiliki kualitas dan kuantitas yang direkomendasikan. Berikut ini fungsi pakan ikan yang harus pembudidaya ketahui.

    Perbaikan metabolisme lemak

    Loading...

    Kandungan nutrisi di dalam pakan sangat berguna meningkatkan kesehatan ikan sehingga sistem metabolisme di dalam tubuh ikan bisa berjalan lebih bagus. Ikan yang memiliki sistem metabolisme yang baik akan lebih kuat dari serangan penyakit dan hama.

    Mempercepat reproduksi

    Pakan juga berperan untuk keberhasilan reproduksi. Ada beberapa jenis pakan yang direkomendasikan ketika ikan sudah memasuki masa kawin. Pakan tersebut biasanya mengandung gizi yang dibutuhkan agar mampu menghasilkan bibit berkualitas. Pakan dengan kandungan gizi yang sesuai menjadi kunci keberhasilan pembenihan.

    Peningkatan cita rasa

    Pakan yang diberikan akan sangat memengaruhi rasa ikan yang dipanen. Rasa yang lezat menjadi daya tarik agar konsumen ingin membelinya. Dengan begitu, produk perikanan Anda akan lebih mudah diserap oleh konsumen.

    Membentuk warna tubuh

    Untuk ikan hias, bentuk dan warna tubuh menjadi salah satu daya tarik yang penting untuk dipertahankan. Semakin cantik warna dan bentuk tubuhnya, akan semakin mahal harga ikan tersebut. Salah satu yang paling memengaruhi warna tubuh adalah pakan yang diberikan. Kandungan di dalam pakan sangat memengaruhi warna yang akan dihasilkan.

    Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji

    Pengobatan

    Ikan bisa sakit karena serangan bakteri, virus, atau hama. Ikan yang sakit memiliki metabolisme yang buruk. Untuk menyembuhkan ikan yang sakit, pembudidaya membutuhkan pakan bernutrisi. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi dan ikan akan jauh lebih cepat menjalani proses penyembuhan.

    Loading...
    Loading...