Fungsi Penting Nitrogen untuk Tanaman Kesayangan

Pertanianku — Saat pemupukan, salah satu unsur penting yang harus Anda sediakan adalah nitrogen atau N. Nitrogen termasuk kelompok unsur hara makro yang dibutuhkan oleh tanaman. Unsur ini berperan penting terhadap pertumbuhan tanaman. Unsur N merupakan bagian dari protein, bagian penting dan konstituen dari protoplasma, enzim, agen katalis biologis yang mempercepat proses kehidupan.

nitrogen
foto: pixabay

Nitrogen juga hadir sebagai bagian dari nekleoprotein, asam amino, amina, asam gula, polipeptida, dan senyawa organik di dalam tumbuhan. Unsur hara ini juga diperlukan oleh tanaman untuk membentuk karbohidrat dan lemak yang merupakan makanan bagi tanaman.

Unsur hara N berperan penting dalam pertumbuhan vegetatif tanaman, memberikan warna pada tanaman, memperpanjang umur tanaman, menggunakan karbohidrat, dan lain-lain. Biasanya, pupuk nitrogen dijual dalam bentuk kristal, prill, pelet, tablet, dan cair.

Kekurangan N bisa menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman terganggu dan hasil tanaman menurun karena pembentukan klorofil tanaman terganggu. Selain itu, akan ada banyak kelainan atau penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Kondisi tersebut juga bisa menyebabkan tanaman layu dan mengering, lalu berujung mati muda.

Kelebihan nitrogen juga tidak baik untuk tanaman karena terjadi ketidakseimbangan unsur hara. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan unsur hara ini sesuai dengan kadar yang dibutuhkan.

Kondisi kelebihan dan kekurangan pupuk ini dapat terlihat dari gejala-gejala. Berikut ini beberapa gejala yang muncul saat tanaman mengalami kekurangan dan kelebihan nitrogen.

Kekurangan nitrogen

Tanaman cenderung kerdil atau tidak berkembang dengan baik. Selain itu, warna daun menguning, produksi menurun, fase pertumbuhan terhenti, dan tanaman mengalami kematian.

Kelebihan nitrogen

Kelebihan nitrogen sering membuat kualitas buah menurun. Pada buah seperti mentimun, kondisi ini dapat menyebabkan rasa pahit. Selain kualitas buah yang menurun, produksi buah juga ikut menurun. Daun tanaman tampak lebat dan pertumbuhan vegetatif cepat. Kelebihan nitrogen juga bisa menyebabkan tanaman keracunan.

Baca Juga:  Waktu yang Tepat untuk Menanam Tomat