Fungsi Penting Pakan Alami Bagi Ikan Lele

Pertanianku— Pakan untuk ikan lele dapat berupa pakan buatan dan pakan alami. Pakan alami ikan lele memiliki peranannya tersendiri. Oleh karena itu, pakan ini harus ditumbuhkan di dalam kolam.

pakan alami ikan lele
foto: pertanianku

Pakan alami berperan sangat penting bagi benih ikan lele yang masih belum mampu memakan pelet. Seluruh asupan nutrisinya bergantung pada pakan alami. Selain itu, ukuran pakan alami sesuai dengan ukuran bukaan mulut benih.

Kekurangan jumlah pakan alami dapat langsung memengaruhi jumlah benih yang dihasilkan. Sebenarnya, benih ikan lele masih bisa diberikan pakan buatan jika persediaan pakan alami menipis. Akan tetapi, pakan tersebut tidak dapat bekerja semaksimal pakan alami.

Selain itu, pakan buatan yang tidak dikonsumsi sangat berpotensi menyebabkan kualitas air kolam menurun. Kondisi kualitas air kolam yang menurun dapat menyebabkan benih mati. Kondisi tersebut mulai terlihat setelah 15 hari telur menetas. Misalnya, jumlah benih yang dapat dipanen menurun drastis, sekitar hanya sepertiga dari jumlah normal.

Larva yang masih kecil dengan sistem pencernaan yang belum maksimal membutuhkan pakan yang bisa menyesuaikan dengan kondisinya. Itulah sebabnya pakan alami dibutuhkan oleh larva untuk tumbuh dan berkembang lebih baik dan lebih cepat.

Pakan alami seolah menjadi pakan wajib bagi larva, terutama setelah lepas kuning telur (hari ke-4). Pakan alami tersebut diberikan hingga benih berumur minimal 12 hari, tetapi lebih baik hingga umur 14—15 hari.

Setelah itu, sudah bisa diberi pakan buatan berupa pelet tepung. Meskipun demikian, benih masih bisa diberi pakan alami yang dikombinasikan dengan pelet tepung hingga benih berumur 20 hari.

Pakan alami benih lele antara lain cacing sutera dan kutu air atau artemia. Saat ini peternak lele dapat membudidayakan sendiri pakan alami tersebut untuk menekan biaya pakan.

Baca Juga:  Kiat Panen Bawal dalam 40 Hari

Berdasarkan pengalaman peternak, pakan cacing sutera sudah terbukti ampuh untuk mempercepat pertumbuhan benih. Benih ikan lele yang diberikan pakan cacing sutera setiap hari memiliki pertumbuhan yang lebih cepat satu minggu jika dibandingkan dengan benih yang hanya diberi pakan pelet apung.