Fungsi Penting Pembenah Tanah Organik Cair

PertaniankuPembenah tanah organik cair (PTOC) memiliki fungsi penting untuk meningkatkan produktivitas sayuran daun. Hal ini karena sifat fisik dan kimia tanah sebagai media tanam dapat diperbaiki oleh PTOC. Perbaikan lahan tersebut dapat mengembalikan kesehatan tanah dan meningkatkan ketersediaan bahan organik untuk tanaman sehingga hasil panen yang didapatkan lebih berkualitas dan biaya produksi lebih efisien.

pembenah tanah organik cair
Foto: Pixabay

Saat ini sudah banyak lahan pertanian yang beralih fungsi, mengalami penurunan kualitas, dan penurunan ketersedian lahan produktif. Dilansir dari laman hortikultura.pertanian.go.id, peneliti PKKHT LPPM IPB, Endang Gunawan memperkirakan kondisi tersebut disebabkan oleh dampak negatif dari Revolusi Hijau sejak 1980-an, di mana saat itu penggunaan pupuk anorganik meningkat dalam kurun waktu 30 tahun.

Kala itu petani sering menggunakan pupuk berbahan dasar anorganik tanpa mengikuti anjuran, tidak berimbang, dan tidak diimbangi dengan pemberian pupuk organik.

Pembenah tanah adalah bahan-bahan organik sintetis atau alami yang mampu memperbaiki sifat fisik, kimia, atau biologi tanah. Pembenah tanah ada yang berbentuk padat dan cair. Pemberian pembenah tanah dapat membuat tanaman lebih mudah menyerap unsur hara dan air dari dalam tanah.

Saat ini ada tiga jenis pembenah tanah yang sudah terkenal, yakni soil conditioner, soil ameliorant, dan soil decomposers. Soil conditioner untuk memperbaiki sifat fisik tanah, soil ameliorant digunakan untuk memperbaiki sifat dan reaksi kimia tanah, dan soil decomposers berfungsi untuk memperbaiki sifat biologi tanah.

Pada dasarnya pembenah tanah dan pupuk organik berbeda. Perbedaannya terletak pada komposisi unsur hara makro dan mikro. Pupuk organik memiliki unsur hara yang lebih rendah dibanding pembenah tanah.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada beberapa komoditas hortikultura seperti jagung, bawang merah, bayam, pepaya, dan pisang, pemberian pembenah tanah dapat membuat produksi dan produktivitas tanaman yang dihasilkan menjadi jauh lebih tinggi. Penelitian tersebut dilakukan dengan memerhatikan kondisi fisik tanah terlebih dahulu. Jika tanah miskin unsur hara dan sakit, tanah disehatkan terlebih dahulu dengan pembenah tanah.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Bunga Teratai Putih

Pemberian pembenah tanah tersebut tidak hanya diberikan pada saat pengolahan lahan. Pembenah juga diberikan selama proses budidaya berlangsung.