Fungsi Probiotik untuk Kambing Potong

Pertanianku — Tujuan akhir dari ternak kambing potong adalah penambahan bobot berat badan yang maksimal sehingga harga jualnya menjadi lebih tinggi. Setiap peternak memiliki caranya masing-masing untuk menaikkan bobot berat badan tersebut, salah satunya dengan probiotik. Manfaat probiotik untuk kambing potong tidak hanya untuk menambah bobot berat badan, tetapi juga bisa digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh.

probiotik untuk kambing potong
foto: pertanianku

Kambing yang sehat akan mengalami pertumbuhan yang lebih cepat karena nafsu makan yang tinggi serta sistem pencernaan yang baik.

Probiotik merupakan asupan pakan tambahan yang diberikan kepada hewan ternak seperti kambing. Pemberiannya bisa dilakukan dengan memasukkan probiotik ke mulut ternak, di campur pakan, atau dicampur air minum.

Loading...

Probiotik yang digunakan untuk ternak berbentuk cair sehingga mudah untuk dicampurkan ke pakan atau minuman. Penggunaan probiotik untuk kambing potong atau hewan ternak lainnya sudah mulai dilakukan sejak 10 tahun terakhir ini.

Probiotik merupakan asupan yang mengandung berbagai macam jenis bakteri baik yang berperan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan ternak atau memfermentasikan pakan yang akan diberikan kepada ternak.

Pakan yang sudah terfermentasi akan jauh lebih mudah diserap oleh sistem pencernaan yang baik. Hasilnya, kandungan nutirisi di dalam pakan bisa terserap dengan maksimal oleh tubuh kambing dan akhirnya menyebabkan penambahan bobot berat badan menjadi lebih pesat.

Selain menambah berat badan, penggunaan probiotik bisa digunakan untuk mencegah penurunan bobot serta mencegah ternak mengalami stres. Ternak yang mengalami stres akan menyebabkan nafsu makan menurun dan akhirnya penambahan berat badan berjalan sangat lambat.

Pada dasarnya cara kerja probiotik pada kambing potong sama seperti minuman isotonik yang sering dikonsumsi oleh manusia. Probiotik bekerja untuk membantu hewan mengatur dan menjaga cairan di dalam tubuh agar tidak hilang.

Baca Juga:  Permasalahan yang Kerap Timbul Saat Penetasan Telur Itik

Probiotik tersebut bisa Anda dapatkan di toko peternakan atau membuatnya sendiri dari campuran beberapa ramuan. Anda bisa melihat cara pembuatannya di dalam buku Ramuan Pakan Ternak yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Dalam buku tersebut tidak saja hanya mengulas probiotik, ada berbagai macam ramuan pakan ternak alternatif untuk kambing, sapi, dan domba. Anda bisa langsung menghubungi tim penjualan buku Penebar Swadaya untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Loading...
Loading...