Fungsi Rumah Plastik untuk Tanaman Hias

Pertanianku — Pasti Anda sering melihat bangunan yang tembus pandang dan biasanya di dalamnya terdapat berbagai macam tanaman hias. Rumah plastik memang sering digunakan untuk membudidayakan tanaman hias. Fungsi rumah plastik  adalah melindungi tanaman hias dari berbagai macam bahaya yang bisa merusak tanaman.

fungsi rumah plastik
foto: pixabay

Penggunaan rumah plastik dalam budidaya tanaman hias bisa meningkatkan hasil produksi serta melindungi tanaman dari terpaan air hujan serta gangguan binatang seperti hama dan hewan ternak.

Pembangunan rumah plastik tidak bisa dilakukan sembarangan. Rumah harus dibangun dengan memenuhi persyaratan dari segi arsitektur dan keperluan tanaman. Selain itu, bahan yang digunakan harus disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Rumah ini dibangun berdasarkan umur atau daya tahan lamanya, seperti 5, 10, atau lebih dari 15 tahun.

Biasanya, bahan yang digunakan untuk konstruksi rumah adalah bambu, kayu, kayu dikombinasikan dengan pipa ledeng, besi siku dikombinasikan dengan kayu, atau pipa ledeng/pipa besi. Biasanya, pemilihan bahan disesuaikan dengan umur rumah yang ingin didapatkan. Untuk tiang biasanya dibuat dari beton bertulang agar lebih awet.

Hal menarik lainnya yang bisa didapati dari rumah ini ialah bentuk atapnya. Anda bisa menemukan rumah plastik dengan bentuk atap yang berbeda-beda, mulai dari bersudut, melengkung seperti busur, miring, atap bersudut, balbo, tipe busur dengan ventilasi, dan tipe atap dengan bagian ventilasi di atas.

Bahan yang digunakan untuk bagian atap adalah fiberglass, polivinil klorida, akrilik, polikarbonat, PVC, PE, dan PC. Sementara itu, bahan yang digunakan untuk dinding rumah adalah plastik PE.

Sebenarnya, plastik PE ada yang berwarna-warni, tapi pembudidaya lebih sering menggunakan plastik berwarna bening. Sebenarnya, plastik berwarna bening atau hijau dianggap lebih awet daripada yang bening dan kuning.

Baca Juga:  Media Tumbuh yang Bagus untuk Jamur Tiram

Rumah dibangun dengan ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan budidaya dan bahan yang tersedia di pasaran. Misalnya, untuk bunga krisan potong biasanya rumah dibangun dengan ukuran lebar 6,4 m dan panjang disesuaikan dengan lahan yang tersedia.

Sebelum membangun rumah, pembudidaya harus memerhatikan kemiringan lahan, arah angin, dan arah datangnya sinar matahari. Hal ini sangat berguna untuk menunjang keberhasilan budidaya di dalam rumah plastik.

 


loading...