Fungsi Sumur Resapan di Perkotaan yang Mampu Menanggulangi Banjir

PertaniankuSumur resapan merupakan sumur atau lubang yang dibuat pada permukaan tanah untuk menampung air hujan agar dapat cepat terserap ke dalam tanah. Sumur resapan berbeda dengan sumur air minum. Sumur ini berfungsi menyerap air, sedangkan sumur air minum berfungsi untuk menaikkan air ke permukaan. Sumur ini di perkotaan akan sangat bermanfaat. Pasalnya, daerah resapan di kota sangat terbatas.

sumur resapan
foto: pixabay

Penerapan sumur resapan di perkotaan sangat dianjurkan karena dapat membantu beragam jenis masalah yang ditimbulkan akibat manusia yang tidak peduli dengan kondisi lingkungan. Berikut ini fungsi sumurdi perkotaan.

Meminimalisir kemungkinan terjadinya banjir

Loading...

Sumur serapan mampu mengurangi aliran permukaan dan mencegah terjadinya genangan air sehingga memperkecil potensi terjadinya banjir dan erosi.

Banjir yang terjadi di daerah perkotaan biasanya disebabkan pembangunan yang dilakukan melewati batas garis sempadan bangunan (GSB), sistem drainase yang tidak baik, dan sampah yang tidak diolah sehingga menutupi aliran air serta mengurangi kemampuan tanah menyerap air.

Banjir disebabkan konstruksi bangunan tidak mengikuti batas garis sempadan sehingga memperkecil daerah serapa. Sumur resapan menjadi solusi yang tepat untuk memperkecil aliran air dan menimalisir genangan berlebih.

Besaran volume air yang dapat diserap oleh sumur resapan bervariasi. Misalnya, kawasan perumahan yang memiliki 1.000 buah rumah dan jika masing-masing rumah membuat sumur resapan dengan volume 2 kubik, air yang dapat terserap sebanyak 2.000 kubik air.

Konservasi air tanah

Selain menangani banjir, sumur resapan di perkotaan juga berfungsi memperbaiki kondisi air tanah atau mendangkalkan permukaan air sumur. Air hujan yang banyak terserap ke dalam tanah dapat menjadi cadangan air tanah dan dimanfaatkan melalui sumur-sumur atau mata air.

Baca Juga:  Gedebog Pisang, Limbah di Indonesia Berharga Mahal di Amerika

Saat ini, resapan air melalui sumur serapan sangat penting mengingat semakin sedikit lahan resapan yang masih berfungsi dengan baik karena sebagian besar sudah berubah menjadi pemukiman warga.

Menekan laju erosi

Dengan minimnya aliran air di atas permukaan tanah juga mampu mencegah terjadinya erosi. Aliran air yang langsung terserap ke dalam tanah tidak membuat tanah tergerus dan hanyut sehingga akan berdampak menimbulkan erosi.

Mengurangi kenaikan air laut

Bagi warga yang berada di wilayah pantai, sumur resapan berfungsi untuk mengurangi terjadinya kenaikan air laut.

 

 

Loading...
Loading...