Galur Kelinci Resa, Kelinci Pedaging yang Lembut di Mulut

Pertanianku — Peternakan kelinci pedaging semakin banyak seiring meningkatnya pasar pada kebutuhan daging kelinci untuk dikonsumsi. Kelinci sendiri sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan pangan dan sumber protein. Daging kelinci biasanya diolah menjadi sate, tongseng, dan olahan lain. Begitu pula dengan kelinci resa.

kelinci pedaging
Foto: freepik

Kelinci resa merupakan hasil persilangan antara dua varian kelinci, yakni kelinci rex dan kelinci satin. Kelinci ini pertama kali diluncurkan oleh Balai Penelitian Ternak atau Balitnak pada 1998 sebagai hasil karya dari Yono C. Raharjo. Sejak itu, popularitas kelinci resa semakin dikenal di pasaran.

Sama seperti daging hewan kebanyakan, komponen utama pada daging kelinci adalah protein. Kelinci ini diambil dagingnya saat sudah mencapai usia dan bobot tertentu. Dengan demikian, tubuhnya yang kecil pun dapat diambil dagingnya untuk dikonsumsi manusia.

Loading...

Salah satu jenis kelinci yang digunakan untuk kebutuhan konsumsi adalah kelinci resa. Keunikan rasa dagingnya menjadi keunggulan kelinci resa dibanding jenis kelinci lainnya.

Dari segi kenampakan, kelinci resa memiliki bulu yang cenderung halus dan mengilap. Oleh karena itu, muncul kesan bahwa kelinci resa adalah hewan yang mewah dan elegan. Kelinci ini pun banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Kelinci resa memiliki bulu lembut dan mengilap yang mirip dengan bulu indukannya yakni kelinci satin. Hal ini membedakannya dari jenis kelinci lain yang juga indukannya yakni kelinci rex. Sebab, kelinci rex memiliki bulu yang cenderung keriting.

Bulu kelinci resa merupakan bulu berkualitas unggul. Bila dijual, nilainya cukup tinggi dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu komoditas ekspor. Panjang bulunya seragam dan dapat mencapai 1,27 cm. Kelinci ini juga dapat mengalami rontok bulu hanya saja setengah bagian bulu tersebut.

Baca Juga:  Tips Jitu Memberi Pakan Ternak Ruminansia Secara Efektif

Selain pemilik hewan peliharaan, kelinci resa juga biasanya dimiliki oleh para peternak kelinci. Peternak kelinci menilai bahwa beternak kelinci resa menguntungkan karena bagian daging atau karkas kelinci ini dapat mencapai berat 2 kilogram dari berat hidupnya yang dapat mencapai 3 kilogram.

Bagian-bagian tubuh kelinci resa sangat proporsional. Ujung badannya membulat dan kaki belakangnya kuat serta berisi. Tidak hanya itu, kelinci resa juga memiliki tulang yang solid. Ciri kelinci resa adalah kepalanya yang lebar dan bagian telinga berdiri tegak.

Loading...
Loading...