Gampangnya Menanam Tanaman Dandelion, Yuk Simak!


Pertanianku Tanaman dandelion merupakan jenis tanaman liar yang banyak tumbuh di lahan kosong. Dandelion sendiri bukan bunga yang berkelopak indah seperti mawar atau bunga yang beraroma harum seperti melati. Lebih dari itu, dandelion adalah bunga yang melambangkan kesederhanaan, kesetiaan, dan kekuatan.

Tanaman dandelion
Foto: Pixabay

Bunga dengan nama Latin Taraxacum officinale ini memiliki manfaat di bidang pengobatan herbal. Tentu saja hal ini semakin menguatkan keinginan untuk menanam dandelion bukan? Berikut ini cara menanam bunga dandelion beserta manfaatnya bagi kehidupan.

Siapkan benih

Cara paling praktis yang bisa dilakukan adalah membeli benihnya di toko bunga. Anda juga bisa memesan melalui toko daring, ada banyak yang menjual benih dandelion. Ada beberapa kriteria benih baik. Terdapat berbagai macam varietas dandelion namun yang paling banyak dibudidayakan adalah dandelion umum (T. officinale).

Ketahui pengetahuan dasar tentang tanaman dandelion agar Anda tidak tertipu. Biasanya benih yang dijual berisi 50 biji/bungkus, dengan harga Rp10 ribu. Pastikan benih yang dibeli sudah siap ditanam, dan tidak memerlukan perlakuan tambahan lainnya. Untuk informasi lengkap mengenai benih, Anda bisa menanyakannya kepada penjual dengan sedetail-detailnya.

Siapkan lahan

Pilih lokasi yang terbuka dan terkena cahaya matahari langsung. Buat lubang tanam dengan kedalaman 20 × 20 × 20 cm. Tambahkan 1—2 kg pupuk kandang ke dalam lubang tanam. Kemudian diamkan selama 1 minggu. Gemburkan juga tanah di sekitar lubang tanam. Setelah satu minggu, Anda dapat melakukan penanaman bibit dandelion.

Menanam dandelion

Ada dua metode yang dapat digunakan untuk menanam bunga dandelion. Pertama, Anda bisa menyemainya terlebih dahulu di polibag, baru kemudian setelah benih tumbuh Anda bisa menanamnya di lahan. Sementara cara kedua, Anda langsung menanam biji benih dandelion ke dalam lubang tanam.

Baca Juga:  Bunga Plum Tak Kalah Memesona dari Sakura Jepang

Sebelum ditanam, sebaiknya benih disimpan di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung. Siapkan media tanam dalam polibag dengan tanah halus dan pupuk kandang dan sedikit pasir. Aduk campuran media hingga merata. Lubangi bagian bawah polibag agar air dapat keluar.

Setelah media siap di dalam polibag, kemudian tanamkan biji dandelion. Lakukan penanaman pada pagi atau sore hari, saat cuaca tidak terlalu terik. Setelah ditanam, kemudian siram polibag menggunakan air secukupnya. Jika biji keluar dari permukaan media, tambahkan media hingga biji tertutup tanah.

Pemeliharaan dan perawatan

Pemeliharaan dan perawatan tanaman dandelion tidaklah sulit. Anda hanya perlu memerhatikan penyiraman, pemupukan dan penyiangan. Untuk penyiraman lakukan secara rutin setiap 2 kali dalam sehari.

Untuk pemupukan, cukup berikan pupuk kandang setiap 3 minggu sekali pada bagian tajuk tanaman. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan penyiangan secara rutin agar tidak ada gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman.