Ganja Berkhasiat Mengobati Epilepsi?


Pertanianku – Ganja, tanaman fenomenal yang sering menimbulkan perdebatan panjang ini ternyata dapat menjadi obat. Tim peneliti mulai menyelidiki khasiat ganja sebagai tanaman obat. Salah satunya sebagai obat epilepsy tahap akut dan langka.

Ganja Sebagai Obat Epilepsi

Eksperimen pengobatan epilepsy berbasis ganja ini merupakan tahap pertama dari 4 rangkaian penelitian panjang yang telah berlangsung sejak tahun lalu.

Dilansir dari laman Jitunews, salah satu perusahaan farmasi sedang melakukan penelitian terhadap 120 pasien epilepsy menggunakan obat yang terbuat dari bahan aktif ganja, yaitu cannabinoid. Diharapkan melalui penelitian tersebut terbukti bahwa ganja dapat menjadi obat untuk epilepsy.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang diberi obat tersebut mengalami penurunan intensitas kejang hingga 39% dalam sebulan.  Hal ini menunjukkan bahwa cannabinoid secara klinis dapat menjanjikan kelas pengobatan baru yang menjanjikan.

Kini, perusahaan farmasi tersebut tengah menunggu pertemuan dengan Badan Pemeriksa Obat dan Makanan Amerika untuk mendapat persetujuan melakukan perawatan para penderita epilepsy menggunakan obat berbasis ganja ini.

Baca Juga:  Ribuan Hektare Hutan Taman Nasional Lorentz Rusak
loading...
loading...