Garam Langka, Pelaku Usaha Ikan Asin Sulit Produksi


Pertanianku – Sejak dua pekan terakhir sejumlah pelau usaha ikan asin di Karangantu, Serang, Banten, kesulitan mendapat pasokan garam. Hal ini berdampak terhadap mogoknya produksi. Seperti yang diketahui, kelangkaan garam yang terjadi saat ini diakibatkan oleh faktor cuaca yang tidak baik.

“Kami memproduksi hanya lima karung dari sebelumnya 20 karung per hari akibat kesulitan memperoleh garam,” kata Ratih seorang perajin ikan asin di Pelabuhan Karangantu Kota Serang, mengutip dari Republika (01/8).

Ia sempat heran karena permintaan garam di Banten dan Jakarta meningkat. Namun, akibat tidak adanya bahan baku, permintaan pasar tersebut tak bisa terpenuhi. Biasanya, ia mendapat pasokan garam dari distributor sebanyak 20 karung untuk tiga hari. Namun, saat ini pasokan garam hanya lima karung sehingga produksi ikan asin menurun.

Ditambah lagi oleh faktor lainnya seperti nelayan tidak melaut akibat cuaca buruk di Perairan Selat Sunda bagian utara dan selatan.

“Kami berharap kesulitan garam itu bisa segera ditangani pemerintah,” tambahnya.  Lebih lanjut Ratih mengatakan, saat ini juga harga garam mengalami kenaikkan dari Rp 7.000 kini menjadi Rp16.000 per kilogram (kg).

Kenaikan harga garam juga pasokan ke sejumlah pengrajin berkurang sehingga berdampak terhadap pendapatan perajin. Banyak langganan datang seperti pedagang dari Pasar Rangkasbitung dan Pandeglang. Mereka jika membeli ikan asin mencapai lima sampai 10 karung dengan aneka jenis ikan asin, tetapi kini tidak terlayani permintaan itu.

“Kami juga bingung kesulitan garam itu sehingga terancam gulung tikar jika tidak diatasi kekurangan garam itu,” ujarnya.

Pengrasin ikan asin lainnya, Eroh, mengaku selama ini para pengrajin ikan asin banyak yang tidak memproduksi karena pasokan garam sebagai bahan baku berkurang. Bahkan, kini ia terpaksa menganggur dan beralih profesi menjadi pedagang ikan bakulan. “Kami baru pertama kali mengalami kesulitan pasokan garam itu,” ucapnya.

Baca Juga:  Ini Cara Kementan Bantu Tingkatkan Produksi Cabai Bagi Petani Pemula
loading...
loading...