Gawat! Persediaan Pangan Dunia Semakin Mengkhawatirkan


Pertanianku — Bumi terus mengalami perubahan begitu pun dengan kehidupan di dalamnya. Sebuah laporan dari PBB mengungkapkan bahwa persediaan pangan di dunia saat ini sangat terancam.

persediaan pangan di dunia
Foto: Piixabay

Hal tersebut disebakan oleh banyaknya spesies hewan dan tanaman yang punah dalam waktu cepat. Padahal, jumlah penduduk di bumi semakin bertambah. Dengan kata lain, tidak ada keseimbangan antara populasi manusia dan ketersediaan bahan makanan.

Dilansir dari Kompas.com, Organisasi Pangan Dunia (FAO) mengatakan, manusia bergantung pada hewan dan tumbuhan sebagai sumber pangan. Namun, jumlah mereka ternyata semakin berkurang akibat wabah penyakit, suhu yang tak menentu serta cuaca ekstrem akibat perubahan iklim.

Meskipun ada sekitar enam ribu spesies tanaman di bumi, hanya kurang dari 200 yang bisa dikonsumsi. Bahkan, menurut data FAO, hanya sembilan spesies yang selama ini menjadi sumber pangan dunia.

“Hilangnya keanekaragaman hayati bagi pangan dan pertanian sangat mengancam dalam memberi makan penduduk dunia yang terus bertambah,” kata direktur FAO Jose Graziano da Silva.

“Kita perlu menggunakan biodiversitas yang bersinambungan supaya dapat menanggapi perubahan iklim dan memproduksi pangan dalam cara yang tidak merugikan alam lingkungan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Jelang Ramadan, Pengusaha Jamin Harga Beras Stabil