Gaya Hidup Sehat dengan Mengonsumsi Buah Rambutan


Pertanianku – Mengonsumsi buah adalah suatu gaya hidup yang baik khususnya untuk tubuh manusia. Namun, akan sangat baik jika mengetahui kandungan gizi dalam buah tersebut. Buah rambutan (Nephelium Lappaceum) merupakan salah satu buah yang hidup di iklim tropis.

1-gaya-hidup-sehat-dengan-mengonsumsi-rambutan

Seperti namanya, rambutan berasal dari bahasa Melayu yang artinya “berambut”. Rambutan sangat kaya akan zat besi, yang berfungsi untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Buah yang tergolong baik ini kadar gulanya mencapai 7,6% berupa sakarosa, dekstrosa 2,25%, dan levulose 1,25%. Kadar vitamin C-nya bisa mencapai 40—70 mg/100 gram daging buah. Selain itu, daging rambutan juga memenuhi 4,3% dari kebutuhan fosfor harian untuk tubuh. Fosfor berguna untuk membantu menyaring limbah dari dalam ginjal, serta diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan sel dalam tubuh.

Susunan zat gizi daging buah rambutan sangat bergantung pada jenis (varietas), kesuburan tempat tumbuh, banyaknya sinar matahari yang didapat, dan curah hujan. Mengomsumsi rambutan tentu ada manfaatnya. Berikut manfaat rambutan:

  • Menepis bahaya kanker

Rambutan mengandung antioksidan. Studi yang dilakukan oleh University of Chiang Mai di Thailand menemukan bahwa buah, biji dan kulit rambutan mengandung antioksidan kuat (flavonoid). Beberapa jenis flavonoid diyakini mampu mengurangi kolesterol, bersifat antikanker dan anti inflamasi.

  • Menangkis efek radikal bebas

Salah satu senyawa dalam kulit rambutan adalah asam galia. Senyawa ini bertindak sebagai penangkal radikal bebas.

  • Kaya vitamin C

Rambutan kaya vitamin C. Jika seseorang mengonsumsi 10—12 buah rambutan, akan memperoleh 75—90 mg asam askorbat, dua kali lebih banyak dari jumlah yang disarankan dalam menu sehari-hari. Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, vitamin C juga dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi yang ada dalam tubuh.

  • Pembentukan darah
Baca Juga:  Spanyol Punya Buah Istimewa, Alpukat Tanpa Biji

Buah rambutan yang manis ini mengandung sejumlah kecil tembaga. Zat ini diperlukan sebagai pembentuk dari sel darah putih dan sel-sel darah merah. Selain itu, rambutan juga mengandung zat besi yang dapat mencegah terjadinya anemia.

  • Pencernaan yang sehat

Rambutan juga memiliki serat yang dapat membantu agar terhindar dari sembelit. Selain itu, dapat mematikan parasit dalam usus yang akan membantu meringankan gejala diare. Untuk mempercepat penyembuhan diare bisa dengan membuat jus rambutan kombinasi dengan buah sawo dan bengkuang.

Jika Anda ingin hidup sehat, rambutan bisa menjadi solusi kesehatan.

loading...
loading...