GEBYAR BUNGA 2019: Pemecahan MURI Pelaminan 20 Ribu Tangkai Mawar dan Pemilihan Puteri Bunga Jakarta 2019

Pertanianku–Memperingati Hari Jadi Kota Jakarta yang ke 492, Pemerintah Provinsi melalui Dinas Ketahanan Pangan kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Gebyar Bunga 2019.

Gebyar Bunga 2019
Foto: instagram yusran165

Peresmian kegiatan direncanakan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, yang juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta dan Walikota Jakarta Barat. Acara pembukaan dilaksanakan pada 23 Juli 2019 di Gedung Promosi Pasar Bunga Rawabelong Jl. H. Sulaiman no. 50, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pukul 10.00 WIB-selesai.

Kegiatan Gebyar Bunga merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sejak tahun 2009 dan terus digelar hingga kini dengan melibatkan para stakeholder di bidang produksi dan pemasaran bunga serta tanaman hias di Indonesia.

Loading...

Melalui kegiatan ini, Unit Pelayanan Teknis Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta menggelar berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan potensi bunga dan daun potong produksi Indonesia serta Pasar Bunga Rawabelong sebagai pusat niaga bunga potong terbesar di Indonesia.

Dengan promosi dan berbagai upaya pemasaran yang dilaksanakan terus menerus, volume dan nilai penjualan bunga memperlihatkan perkembangan positif setiap tahunnya. Pada tahun 2018, dari penjualan bunga gunung, daun pelengkap, bunga rampai, dan anggrek diperoleh omzet sebesar Rp. 50-miliar.

Tepat di hari pembukaan Gebyar Bunga 2019 digelar pula pencapaian prestasi PEMECAHAN REKOR MURI “PELAMINAN 20 RIBU MAWAR TERBANYAK SE-INDONESIA”. Kegiatan ini mempromosikan keindahan dekorasi pelaminan Indonesia dan memadukannyadengan mawar potong produksi kebun-kebun di Bandung dan Malang.

Di Indonesia, bunga mawar telah lama menjadi elemen yang populer dan eksklusif dalam dekorasi serta rangkaian bunga.
Pada kegiatan kali ini digelar juga berbagai acara pendukung.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Di antaranya Ajang Pemilihan Puteri Bunga Jakarta 2019 , yang bertujuan meningkatkan wawasan dan kecintaan generasi muda akan bunga dan tanaman hias lokal serta pariwisata daerah.

Pendaftaran, Seleksi I dan II telah dilakukan sejak awal Juli 2019. Setelah itu dilakukan penilaian akhir, grand final dan Pengumuman Pemenang Puteri Bunga Jakarta 2019 pada 23 Juli 2019 di Pusat Promosi Pasar Bunga Rawabelong.

Selain itu untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan, dan mendapatkan nilai tambah, digelar juga berbagai lomba dan kursus merangkai bunga secara gratis. Untuk itu masyarakat umum diundang, termasuk anggota PKK dari Tim Penggerak PKK dari 6 wilayah DKI Jakarta, para florist dan perangkai bunga, siswa Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan, untuk menimba ilmu serta pengalaman dari para pakar perangkai bunga profesional.

Sesuai dengan tema kegiatan yakni “Inovasi Kewirausahaan Florikultura di Era Milenial“, diadakan Lomba Merangkai Bunga dengan tema Rangkaian Milenial (22 Juli 2019); Kursus Hand Bouquet (23 Juli 2019). Juga digelar Kursus Stickwerk (24 Juli 2019).

Berbagai produk kreatif dan inspiratif juga digelar dalam berbagai bazar. Komoditasnya berupa bunga, tanaman hias, dan produk-produk kreatif lainnya. Tak lupa berbagai produk kerajinan, olahan pertanian, dan kuliner khas Jakarta juga ikut berpartisipasi.

Dengan seluruh rangkaian acara tersebut, UPT Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Pertanian Jakarta berharap mampu meningkatkan eksistensi Promosi Pasar Bunga Rawabelong dan berkontribusi besar terhadap perekonomian daerah dan nasional.

Acara ini didukung oleh Trubus Cipta Swadaya sebagi event organizer, Ikatan Putri Bunga Jakarta (IPBJ), juga bekerjasama dengan dan Tim Penggerak PKK DKI Jakarta.

Loading...
Loading...